MOM'S LIFE

Curhat Inneke Koesherawati Lewati 2 Tahun Tanpa Didampingi Suami

Muhayati Faridatun Senin, 11 Feb 2019 - 12.33 WIB
Foto: Instagram @inekekoes Foto: Instagram @inekekoes
Jakarta - Rasa cinta Inneke Koesherawati pada Fahmi Darmawansyah tak tergoyahkan, meski kini sang suami masih mendekam di dalam penjara. Fahmi ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

Kasus suap yang menjerat Fahmi, kata Inneke, bukan alasan baginya untuk meninggalkan sang suami. Menurut aktris 43 tahun ini, tugas seorang istri yang sesungguhnya adalah mendukung suami saat tertimpa masalah.

"Rasanya nggak adil kalau saya ninggalin dia dalam keadaan seperti ini," ujar Inneke, saat ditemui di TPU Karet Bivak, Jakarta, beberapa waktu lalu, seperti dilansir detikcom.


Inneke dan Fahmi menikah pada 2004 silam. Mereka memiliki dua anak yakni Muhammad Rahlil Ibrahim dan Siti Rahlia Ibrahim.

Selama dua tahun terakhir, Inneke mengurus rumah tangga tanpa didampingi suami. Perempuan yang pernah membintangi beberapa film Warkop DKI ini pun mengaku kaget saat diserahkan tanggung jawab sang suami.

"Contoh kecil bayar pajak mobil. Dulu, saya nggak pernah urus, sekarang mau nggak mau harus bisa urus," imbuhnya.

Inneke baru menyadari bahwa begitu beratnya tugas seorang suami, yang selama ini tidak pernah dibebankan padanya. Ia pun berharap agar sang suami segera terbebas dari kasus hukum.

Anak-anak Inneke Koesherawati/ Anak-anak Inneke Koesherawati/ Foto: Instagram @inekekoes
"Kasihan anak-anak tanya terus kapan ayahnya pulang. Yang kecil kan sama sekali nggak tahu ayahnya di mana, yang dia tahu ayahnya sakit," tuturnya.

Ya, Bunda pasti memahami apa yang dialami Inneke. Kesetiaan seorang istri sangat diuji saat sang suami tertimpa masalah, terlebih kasus hukum. Menurut psikolog Jovita Ferliana, dukungan perlu dilakukan demi menjaga komitmen serta keutuhan rumah tangga.

"Tidak ada fungsi kepala keluarga lagi dan sebagainya. Melihat anak-anaknya, ada tekanan sosial juga yang akan memengaruhi respons dirinya," ujar Jovita, seperti dilansir CNN Indonesia.


Mengutip dari Inmate Survival, berikut enam hal yang bisa dilakukan untuk bertahan hidup, saat pasangan terjerat kasus hukum:

1. Lapang dada menerima keadaan
2. Tidak menyalahkan diri sendiri
3. Carilah dukungan
4. Hindari pemicu emosi
5. Pegang janji pernikahan
6. Jangan luput mengurus diri sendiri

[Gambas:Video 20detik]

(muf/rap)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi