MOM'S LIFE

5 Bahaya Sampah Plastik, Bunda Wajib Tahu Nih

Sofia Maya Senin, 11 Mar 2019 - 11.05 WIB
Sampah plastik di laut. Foto: Pradita Utama Sampah plastik di laut. Foto: Pradita Utama
Jakarta - Bunda, coba perhatikan di sekitar lingkungan kita. Apakah masih ada peralatan plastik yang Bunda gunakan? Apakah Bunda masih membuang sampah plastik setiap harinya? Jika iya, yuk Bunda simak informasi berikut.

Tahukah Bunda, bahwa sampah plastik sulit terurai. Bisa jadi sampah plastik yang Bunda buang salah satunya berakhir di lautan. Menurut sebuah penelitian, diperkirakan 1,1 - 8,8 juta metrik ton sampah plastik mencemari laut setiap tahunnya. Dilansir The Guardian, jutaan botol plastik juga diperjualbelikan di seluruh dunia setiap menitnya. Dan angka ini diperkirakan meningkat hingga 20 persen pada 2021. Meningkatkan kekhawatiran akan pencemaran lingkungan dan perubahan iklim yang serius.


Nah, sampah plastik ini pada akhirnya mengancam kehidupan makhluk laut lho, Bun. Jika Bunda ingat, ada kasus sampah plastik yang ditemukan dalam tubuh ikan paus hingga tubuh seekor penyu. Sedih ya.

Selain mengancam kehidupan hewan dan tumbuhan, penggunaan plastik juga berbahaya bagi kesehatan manusia. Seperti dilansir CNN Indonesia TV, berikut bahaya sampah plastik yang wajib Bunda ketahui:

1. Sampah plastik sebagian besar terbuang ke laut dan akhirnya menjadi sampah plastik mikron.

2. Tidak hanya ditemukan di dalam tubuh ikan, kandungan plastik juga ditemukan pada sumber air bersih dan air minum.

3. Semakin banyak sampah plastik yang diproduksi oleh masyarakat, maka semakin tinggi risiko kita memakan plastik berukuran mikron.

4. Plastik mikron yang masuk rantai makanan beprotensi tertempel bakteri, virus, logam berat, bahkan zat karsinogen atau penyebab kanker.

5. Secara tidak sadar kita menghirup plastik mikron dari pakaian. Sebab, pakaian kita sebagian besar berbahan dari plastik, poliester.



Nah, Bunda, sebaiknya kita bijak sebelum membeli peralatan atau perlengkapan yang terbuat dari plastik. Sebab, sampahnya tak hanya merusak lingkungan, namun senyawa kimia berbahaya yang terkandung dalam plastik juga bisa mengancam kesehatan.

[Gambas:Video 20detik]

(som/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi