moms-life

Produksi ASI Cynthia Lamusu Lebih Lancar Setelah Suami Lakukan Ini

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 02 Aug 2017 09:51 WIB
Produksi ASI Cynthia Lamusu Lebih Lancar Setelah Suami Lakukan Ini
Jakarta - Sebagai ibu baru, salah satu hal yang sering bikin khawatir adalah ASI kita bakal cukup nggak ya buat si kecil, apalagi kalau kembar. Setuju nggak, Bun? Nah, untuk bikin produksi ASI lancar hingga kita percaya diri alias pede saat menyusui, dukungan suami pastinya penting dong.

Ketidakpedean waktu menyusui juga pernah nih dialami salah satu personel B3, Cynthia Lamusu . Jadi, waktu melahirkan si kembar Ataya Tatjana Aisyah Putri sama Atharva Bimasena Saputra 8 bulan lalu, kebetulan Bima nggak bisa menyusu langsung kayak Tatjana. Alhasil, Cynthia harus memompa ASI-nya.

"Pas masih di rumah sakit, saya sempat bilang ke suami, 'Yang, aku belum berani pulang ke rumah kalau belum bisa pompa ASI sendiri'. Tapi, saya akhirnya pede pulang ke rumah karena udah bisa mompa dan ini karena andil suami saya," cerita istri aktor Surya Saputra ini di sela-sela 'Anmum Celebrate the Extraordinary' di Hotel Raffles, Jakarta, Selasa (1/8/2017).


Lho, emang apa sih yang dilakukan Surya sampai Cynthia sukses memompa ASI? Jadi, kata Cynthia, Surya melakukan pijat oksitosin. Dengan begitu, produksi ASI Cynthia terbantu jadi lebih lancar dan proses memompa pun jadi lebih gampang.

Di rumah sakit, Cynthia juga Surya memang diajarkan oleh perawat soal gimana memberikan pijatan oksitosin. Kata Cynthia, ternyata Surya jago banget lho ngasih pijatan ini. Bahkan, Cynthia sampai nggak nyangka sang suami bisa lihai melakukan pijat oksitosin.

"Pas dipraktikkan, justru jago-an dia daripada susternya," kata Cynthia. Memang, menurut Cynthia keberhasilan memberikan ASI pada si kembar nggak lepas dari peran orang di sekitar terutama suami. Cynthia bilang, dia sempat down juga Bun pas ngasih ASI ke Bima apalagi Bima belum bisa menyusu langsung kan.

"Jadi memang kekuatan ibu adalah kekuatan yang bisa membuat kita berkeyakinan kalau yang nomor satu itu anaknya. Tapi, nggak kalah penting juga dukungan dari suami dan keluarga," kata Cynthia.

Nah, kalau Bunda ingin dipijat oksitosin, caranya kita duduk menelungkup di sandaran kursi Bun. Terus, si ayah memijat area di bawah leher belakang, terus ke bawah sampai ke punggung sejajar puting. Baiknya, pijatan dilakukan dengan perlahan ya Bun. Bergerak ke kanan, ke kiri, juga berputar-putar. (rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi