sign up SIGN UP search


moms-life

Dukungan Berarti Suami Saat Istri Melahirkan

Selasa, 15 Aug 2017 13:20 WIB
Hal simpel yang dilakukan suami saat tiba waktunya melahirkan bisa jadi sesuatu yang amat berarti untuk seorang istri. caption
Jakarta -

Sudah tiba waktunya melahirkan. Memang sih, kita sudah ditangani oleh tenaga medis ya, Bun. Tapi, dukungan dari suami tetap dibutuhkan dan amat berarti karena apa yang ia lakukan bisa jadi 'amunisi' buat kita yang lagi kepayahan saat proses persalinan.

Dalam bukunya 'Conception, Pregnancy, and Birth', pakar parenting dr Miriam Stoppard, mengungkapkan hal-hal yang terdengar sepele tapi ketika dilakukan suami saat istrinya melahirkan, ini bisa jadi dukungan yanh berarti.


Dukungan Berarti Suami Saat Istri MelahirkanDukungan Berarti Suami Saat Istri Melahirkan /Foto: Infografis


Kata Stoppatd, kalau selama terjadi kontraksi istri merasa nggak nyaman karena punggungnya nyeri, suami bisa mencoba kasih termos untuk kompres hangat di punggung supaya nyeri yang dirasa saat itu [] mereda.

Nggak cuma itu, saat menahan nyeri plus mulasnya kontraksi serta bukaan persalinan yang makin bertambah, keringat kita bisa mengucur deras ya, Bun. Nah, para suami juga bisa memercikkan air atau kasih kompres kain dingin untuk menyegarkan kita. Kalau suami merasa khawatir atau nggak mengerti apa yang terjadi pada istri, jangan segan ngomong ke dokter atau bidan ya.

Baca juga: Benarkah Melahirkan Normal Bikin ASI Lebih Banyak?

Dukungan Berarti Suami Saat Istri MelahirkanDukungan Berarti Suami Saat Istri Melahirkan /Foto: Infografis


"Kalau istri teriak atau terlihat marah, terima saja. Sebab, itu adalah caranya untuk mengatasi situasi yang penuh tekanan dan hal ini biasanya sering terjadi," kata Stoppard.

Khususnya pada fase peralihan dari saat merasa kontraksi, hingga bukaan sudah lengkap sampai akhirnya istri mesti mengejan untuk melahirkan si kecil.

Dukungan Berarti Suami Saat Istri MelahirkanDukungan Berarti Suami Saat Istri Melahirkan Foto: Infografis


Jangan salah, memberi dukungan istri saat melahirkan dan menyaksikan gimana proses akhirnya si kecil lahir bisa jadi pengalaman luar biasa buat para suami lho. Maka dari itu, saat bukaan sudah lengkap dan istri sudah perlu mengejan, suami bisa membantu istri memposisikan tubuhnya ke posisi yang dirasa tepat dan membuatnya cukup nyaman. Tetap dukung istri dalam posisi mana pun yang ia rasa nyaman saat itu ya.

Dukungan Berarti Suami Saat Istri MelahirkanDukungan Berarti Suami Saat Istri Melahirkan /Foto: Infografis


Pada momen kelahiran anak, tentunya momen ini menegangkan dan membahagiakan dong. Kalau Anda, para suami udah melihat kepala bayi muncul, kasih tahu aja ke istri karena ini akan membuatnya lebih semangat. Nah, pas si kecil udah benar-benar keluar, segera kasih tahu istri jenis kelamin bayinya supaya si ibu nggak penasaran.

Dukungan Berarti Suami Saat Istri MelahirkanDukungan Berarti Suami Saat Istri Melahirkan /Foto: Infografis


Lega! Akhirnya si kecil lahir dengan selamat. Eits, bukan berarti suami yang sekarang udah jadi ayah nggak bisa melakukan apa-apa lagi. Setelah bayi lahir, coba usahakan meluangkan menit-menit pertama bersama bayi dan istri. Dalam momen kayak gitu, mungkin para suami sangat emosional. Nggak usah gengsi, kalau mau menangis karena saking terharunya, menangislah duhai para suami.

"Jika memungkinkan, abadikan momen bahagia itu dengan merekam atau memotretnya," ujan Stoppard.

Baca juga: Saat Bunda Lihat Foto Hamil dan Pasca Melahirkan di Medsos, Apa yang Dirasa? (rdn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!