moms-life

Alasan Ibu Menyusui Jadi Malas Bercinta Setelah Melahirkan

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 16 Jan 2020 20:20 WIB
Alasan Ibu Menyusui Jadi Malas Bercinta Setelah Melahirkan Alasan ibu menyusui tak bergairah untuk bercinta/Foto: iStock
Jakarta - Menyusui kerap disebut sebagai salah satu pemicu gairah seks menurun. Faktor kelelahan mengurus si kecil, memang kadang-kadang bisa mempengaruhi mood bercinta, Bun.

Holly Ernst, PA, obstetrics & gynecology di California mengatakan, menyusui di malam hari dan pikiran tentang pekerjaan di pagi hari menjadi dua hal yang mengganggu pikiran Bunda. Itu sebabnya, alih-alih bercinta dengan suami, mereka memilih untuk cepat tidur.


"Tubuh ibu menyusui sedang mengalami banyak perubahan pada masa ini. Termasuk diantaranya perubahan karena menyusui. Beberapa wanita menemukan bahwa perhatian mereka terekspos pada payudaranya yang membesar yang membuat mereka merasa kurang menarik. Dan semua ini adalah hal normal," ujar Ernst.


Sherry A. Ross, pakar kesehatan wanita dan penulis She-ology. The Definitive Guide to Women's Intimate Health menuturkan bahwa keinginan bercinta saat satu sama lain kelelahan memang sangatlah sulit terwujud, baik secara mental dan fisik.

"Semuanya mungkin sudah tahu bahwa sesungguhnya organ seks seseorang yang terbesar dan terpenting adalah pikiran. Itulah yang membuat semua bagian bersatu dan menciptakan pengalaman memuaskan," ujar Ross dikutip dari Bustle.

Melansir Healthline, sebuah studi Trusted Source menemukan bahwa ibu yang menyusui cenderung memilih menunda melanjutkan kembali hubungan seksual, setelah kelahiran anak mereka daripada ibu yang tidak menyusui.

Setelah melahirkan, kadar estrogen akan turun. Sedangkan kadar dua hormon lain, yakni prolaktin dan oksitosin akan meningkat. Kedua hormon ini memiliki dampak yang sangat berbeda pada tubuh dan masing-masing, sehingga dapat mengganggu gairah seks, Bun.

Kombinasi peningkatan prolaktin dan oksitosin, dapat membuat Bunda merasa senang menyusui. Sehingga berimbas pada kehidupan seksual Bunda. Di antaranya jadi malas berhubungan seksual dengan suami.

Tak mengherankan, banyak ibu baru yang tidak bersemangat untuk berhubungan seks. Apalagi, kadar estrogen tidak memproduksi sebanyak biasanya, membuat libido turun dan menyebabkan kekeringan pada Miss V.


Nah, agar tidak berkepanjangan, urusan seks yang menurun pun perlu segera dicari solusinya bersama dengan pasangan, Bun. Tak ada salahnya membicarakan dengan baik-baik bersama pasangan agar mereka memahami kondisi Bunda sepenuhnya. Temukan cara lain untuk tetap dekat dengan suami, misalnya menyewa film dan berpelukan di sofa.

Semoga membantu, Bun!

Bunda, simak juga cerita Mona Ratuliu yang jatuh cinta pada pandangan pertama ke suami, dalam video berikut!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi