mom-life

Yang Bisa Dipertimbangkan Orang Tua Sebelum Beri Nama Anak

Radian Nyi Sukmasari & Radian Nyi Sukmasari Minggu, 17 Sep 2017 16:06 WIB
Yang Bisa Dipertimbangkan Orang Tua Sebelum Beri Nama Anak
Jakarta - Untuk anak, bahkan ketika dia belum lahir pun kadang kita sudah menyiapkan nama untuknya ya, Bun. Memang, nama yang diberi ke anak merupakan keputusan dan hak orang tua. Tapi, apa yang perlu kita pertimbangkan sebelum memberi anak ke anak?

Psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani M.Psi., Psikolog atau akrab disapa Nina dari Tiga Generasi punya saran, untuk orang tua mungkin sebelum memberi nama ke anak pikirkan apa arti dari nama tersebut. Soalnya, Nina bilang bagaimanapun nama adalah salah satu doa orang tua, anaknya akan jadi apa. Setuju nggak, Bun?

"Janganlah memberi nama sekadar ya nama itu bagus atau kayak nama idolaku. Menurut saya, itu alasan dangkal untuk meberi nama sih ya," kata Nina waktu berbincang sama HaiBunda.


Baca juga: Pesan Ayah Soal Putrinya Ini Jadi Viral, Gimana Menurut Bunda?

Tapi, saran Nina coba pikirkan lebih lanjut alasan yang lebih filosofis dalam memberi nama. Sehingga, nama itu benar-benar nama yang keluar dari hati sehingga nama nggak sekadar keluar gitu aja. Sehingga, nama yang kita kasih ke anak bisa jadi koneksi antara orang tua dan anak, Bun.

Kemudian, Nina berpesan pikirkan lagi bagaimana ketika nama itu dituliskan dan diucapkan. Ibu dua anak ini bilang, ada juga kan Bun orang yang saking susah namanya ditulis jadi salah ketik. Nah, menurut Nina itu juga perlu dipertimbangkan oleh orang tua.

"Yang jadi sulit juga ketika nanti anak tidak hidup di masyarakat kita. Jika memungkinkan pilih nama yang akan cukup mudah diucapkan dari segala bangsa tapi kalaupun mau cari nama yang khas Indonesia misalnya, nggak masalah. Justru itu memperbesar kecintaan kita juga sama indonesia," tutur Nina yang juga praktik di Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia ini.

Memang, apa nama anak kembali lagi pada keputusan dan itu merupakan hak masing-masing orang tua. Nah, Bunda dan Ayah gimana, sudah menyiapkan nama buat si kecil?

Baca juga: Kisah Ibu Habiskan Belasan Juta Rupiah untuk Make Up Anak 7 Tahun (rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi