sign up SIGN UP search


moms-life

Cinta Itu Diwujudkan Melalui Perjuangan Mencari Donor Ginjal

Asri Ediyati   |   Haibunda Sabtu, 11 Nov 2017 16:33 WIB
Apa pun akan dilakukan seorang suami untuk menyelamatkan nyawa sang istri. caption
Farr West, Utah - Kisah cinta sejati seorang suami pada istrinya yang mampu bikin mata kita 'berkaca-kaca' memang ada. Salah satunya kisah seorang suami yang rela jalan kaki puluhan kilometer demi menyelamatkan nyawa sang istri.

Pria itu adalah Wayne Winters yang berasal dari Utah, AS, Bun. Dia berusaha mencari donor ginjal untuk sang istri Deanne Winters yang mengalami gagal ginjal. Sejak dua tahun lalu Wayne sudah berusaha mencari donor ginjal untuk Deanne namun belum ada hasilnya.

Hingga akhirnya Wayne berikhtiar dengan berjalan kaki berkilo-kilometer setiap hari dengan memakai atribut untuk mencari donor ginjal. Apa yang dilakukan Wayne jadi viral. Dikutip dari People, setelah itu ratusan orang menghubunginya, bahkan sampai 800-an.


Apa yang dilakukan Wayne membuahkan hasil. Pekan lalu, pihak RS mengabarkan kalau ada donor ginjal untuk Deanne. Wayne mengetahui kalau ginjal tersebut didapat dari seorang yang baru saja meninggal.

"Saya merasa sangat senang mendapat telepon dari rumah sakit, kalau ada satu ginjal yang bisa didonasikan pada istri saya. Jika kondisi istri saya membaik dalam lima tahun, kami akan hidup seperti dulu lagi," kata Wayne seperti dilaporkan KTSU.

Sekarang, Wayne bisa bernapas lega karena Deanne sudah mendapat donor ginjal. Tapi, Wayne tetap melakukan aksinya mencari donor ginjal untuk orang lain yang mengalami hal serupa dengan Deanne. Sebagai seorang pria sekaligus suami, apa yang dilakukan Wayne patut diacungi jempol ya, Bun. Setuju nggak?

Soal mencari donor ginjal memang bukan perkara gampang. Menurut the National Kidney Foundation, sudah ada 3.000 pasien yang butuh donor ginjal tiap bulannya dan masuk dalam daftar tunggu. Setidaknya, ada 13 orang yang meninggal tiap hari selama penantian adanya donor ginjal.

Ketika seseorang didiagnosis gagal ginjal, itu berarti ginjal tidak bisa berfungsi dengan baik. Biasanya, haemodialisa atau cuci darah bisa dilakukan untuk membantu mengeluarkan racun-racun yang masuk ke darah karena tidak lagi bisa difilter oleh ginjal. Namun, kalau kondisi pasien memburuk, satu-satunya solusi yang memungkinkan untuk mengatasi gagal ginjal adalah mencari donor ginjal yang bisa berasal dari orang yang sudah meninggal ataupun orang yang masih hidup. (aci/rdn)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!