sign up SIGN UP search


moms-life

Terkadang Inspirasi Itu Lahir dari Sosok Ibu

Amelia Sewaka Rabu, 20 Dec 2017 18:00 WIB
Dari ibu, anak-anak bisa mendapatkan inspirasi... caption
Jakarta - Bagi anak-anaknya, ibu merupakan sosok perempuan yang menjadi sumber inspirasi dalam menjalani kehidupan. Bahkan dalam berkarya, ibu juga jadi sumber inspirasi.

"Bagi saya, parenting adalah proses pembelajaran seumur hidup dan tentu rasanya sangat terbantu dengan adanya sosok ibu yang bisa menjadi sumber inspirasi dan panutan untuk menjalaninya," papar Ria Miranda, seorang fashion desainer sekaligus ibu yang ditemui pada acara Dari Wardah #UntukIbu, di Kembang Goela Restaurant, Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (20/12/2017).

Bahkan menurut Ria, ibunya sangat menginspirasi karya-karyanya. Karena ibunyalah Ria bisa menjadi fashion designer seperti sekarang.




"Desain-desain yang aku buat pun adalah cerminan dari ibuku, yang classy namun tetap mature. Pokoknya nggak ada habisnya pelajaran kalau bicara soal ibu," tutur ibu dari 2 anak ini.

Pada kesempatan yang sama Najeela Shihab, pendiri Yayasan Keluarga Kita sekaligus seorang pendidik mengungkapkan bahwa gimana kita menjadi orang tua saat ini, dipengaruhi dengan gimana kita dibesarkan dulu oleh orang tua.

"Saya udah jadi ibu 20 tahun dan jadi anak 40 tahun, semua yang saya ajarkan ke anak saya sekarang juga warisan orang tua dulu. Jadi semuanya emang berhubungan," tutur wanita yang akrab disapa Ela ini.

Ela mengatakan, mungkin dulu kita pernah berpikir nggak mau jadi ibu yang pengomel kayak ibu kita tapi pasti kita akan tetap mengomel. Ya namanya juga seorang ibu ya, Bun, khawatir sama anak itu wajar. He-he.



"Ibu saya pun jadi insipirasi saya sampai saat ini. Beliau nggak pernah bicara jelek soal anak-anaknya, dia juga mendidik anak-anaknya dari pengalaman dan cerita-ceritanya bukan menceramahi," papar Ela.

Menurut Ela, apapun yang kita ucapkan ke anak merupakan doa kita ke mereka. "Saya bersyukur dari awal sudah diberikan bentukan yang positif karena jika saya dapat pola yang negatif maka akan sulit keluar untuk cari cara yang positif," tutur Ela.

Karena itu menurut Ela, mengenali jadi penting terutama pola asuh, kini ia pun memilah pola asuhnya ke anak-anaknya. Jadi tidak semua yang diwariskan dari orang tuanya ia terapkan ke anak-anaknya karena mengikuti zaman juga. Sebab orang tua harus bisa beradaptasi dengan zaman.

"Yang baik kita lanjutkan yang kurang kita stop (pola asuhnya)," ungkap ibu dari 3 anak ini.

Menurut Ela, peran ibu jauh lebih besar walaupun ayah juga nggak kalah penting perannya, namun memang dengan cara yang berbeda.

Ibu juga merupakan sosok penting dalam peran kembang tumbuh anak-anaknya, karena itu sebagai ibu kita harus terus belajar supaya bisa memberikan hal-hal yang positif, Bun. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi