mom-life

Kisah Dokter Bantu Persalinan Pasien 2 Jam Setelah Dirinya Melahirkan

Asri Ediyati Sabtu, 30 Dec 2017 16:04 WIB
Kisah Dokter Bantu Persalinan Pasien 2 Jam Setelah Dirinya Melahirkan
Jakarta - Setelah melahirkan, pastinya tubuh terasa lemah kan, Bun. Tapi, ibu yang satu ini patut diacungi jempol nih. Soalnya, dua jam setelah melahirkan si ibu yang berprofesi sebagai dokter kandungan ini membantu persalinan pasiennya.

Si dokter bernama Hilary Conway, dokter kandungan dari Yakima Valley Farm Workers Clinic di Washington. Saat itu, tanggal 12 Desember 2017, Hilary melahirkan anak keduanya yang dikasih nama Verna Pearson di siang hari. Saat Hilary sedang istirahat di kamar rumah sakit malam harinya, ia mendapat sms dari pasiennya, Katie Moss, yang katanya sedang kontraksi hebat.

"Katie adalah pasien saya selama hampir setahun dan dia adalah seseorang yang mudah saya hubungi. Kami cukup dekat, kami kenal sejak sebelum kami berdua hamil," ujar Hilary dikutip dari People.


Hilary nggak melihat sms itu sampai lewat tengah malam hingga dia bertanya ke perawat untuk tahu apakah Katie masuk rumah sakit. Saat itu dia tahu pasiennya nggak hanya datang, melainkan berada di kamar sebelahnya alias kamar bersalin.

"Baru setelah saya dirawat dan menunggu ahli anestesi, salah seorang perawat mengatakan kepada saya bahwa mereka menempatkan saya di kamar sebelah dr Hilary! Awalnya saya merasa tidak enak karena saya tahu bahwa dia melahirkan bayinya," kata Katie.

Rupanya Hilary khawatir akan kehilangan kesempatan untuk menyambut anak Katie yang merupakan anak kembar. Lalu, ia memutuskan untuk memberikan dukungannya pada Katie.

"Saya sangat sedih membayangkan saya mungkin tidak berada di sana untuk membantunya. Tanggal melahirkan saya satu bulan sebelum dirinya. Pada kunjungan klinik terakhir kami, sebelum induksi persalinan yang dijadwalkan pada 12 Desember, kami berdua saling curhat bahwa kemungkinan besar saya tak bisa membantunya," tutur Hilary.
Katie Moss dan keluarga kecilnya.Katie Moss dan keluarga kecilnya. Foto: Katie Moss via People

Pada saat itu, Hilary tahu nggak mungkin dia bisa melewatkan momen besar itu. Setelah menyusui bayinya yang baru lahir, si kecil dititipkan ke staf RS. Hilary langsung bergegas mempersiapkan persalinan dan mengambil alih tugas melakukan USG.

Setelah melewati kontraksi yang cukup panjang, Katie baru bisa melahirkan anak kembarnya pada pagi hari tanggal 13 Desember, Lukas jam 04.50 dan Soren jam 05.38.

"Luar biasa berada di sisi Katie saat persalinan. Menjadi tenaga medis merupakan hal yang istimewa dan sangat besar. Pasien mempercayai kami dan apalagi menjadi seorang dokter kandungan tanggung jawabnya lebih besar, "kata Hilary.

Soal setelah melahirkan langsung beraktivitas kembali seperti layaknya orang normal, memang tiap kondisi ibu berbeda-beda. Dikutip dari Family Doctor, optimalnya kondisi ibu bisa benar-benar pulih dari kondisi post partum enam sampai delapan minggu. Hal ini karena tubuh ibu pasti mengalami 'trauma' sekalipun ia melahirkan dengan normal dan lancar.

Saat fase post partum, hormon juga berfluktuasi. Sehingga, ada kemungkinan emosi ibu akan naik turun. Nah, di sinilah pentingnya peran suami untuk membuat istrinya tetap happy. Menurut Bunda, gimana dengan kisah Hilary ini?
(aci/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi