mom-life

Tips Para Public Figure Seimbangkan Urusan Rumah dan Pekerjaan

Amelia Sewaka Senin, 02 Apr 2018 12:42 WIB
Tips Para Public Figure Seimbangkan Urusan Rumah dan Pekerjaan
Jakarta - Menjadi seorang ibu memang bukan hal yang mudah dan bisa memiliki tantangan tersendiri, terlebih kalau jadi ibu bekerja. Meski begitu, bukan nggak mungkin kita bisa menyeimbangkan urusan rumah tangga dengan pekerjaan kok, Bun. Ibaratnya selama kita berusaha pasti ada aja jalannya, ya kan, Bun?

Ketika memutuskan lanjut bekerja setelah punya anak, wajar banget kalau awalnya kita merasa kewalahan dan jadi nggak yakin apakah bisa memberi cukup waktu pada tiap peran kita sebagai ibu juga wanita karur. Tenang aja, nggak cuma kita kok yang mengalami bimbang dan galau kayak gitu, Bun.




Soalnya ada begitu banyak wanita luar biasa yang sukses membagi perannya sebagai ibu maupun wanita karir dan mererka punya beberapa saran nih yang mungkin bisa diterapkan sehingga seimbangnya urusan kantor dan rumah tangga bukan hal mustahil lagu kita lakukan, Bun. Yuk simak.

1. Lakukan Percakapan Terbuka dengan Anak

"Sejak awal, saya menjelaskan ke anak-anak kalau mereka pergi ke sekolah, saya pergi bekerja. Kami masing-masing memiliki kewajiban dan tanggung jawab kami. Dan ketika kami bertemu di malam hari, kami akan bertukar pengalaman," - Diane von Furstenberg (Fashion designer)

2. Jadi Contoh untuk Anak-anak

Tips Para Public Figure Seimbangkan Urusan Rumah dan PekerjaanVictoria Beckham. Foto: Getty Images
"Seperti begitu banyak ibu bekerja di seluruh dunia, saya merasakan perjuangan terus-menerus untuk menjadi ibu terbaik yang saya bisa. Selain itu saya memberi contoh yang baik kepada anak-anak untuk bekerja keras. Kadang kala memang saya meninggalkan anak-anak untuk urusan pekerjaan tapi saat itu pastinya saya merindukan mereka," - Victoria Beckham (Businesswoman)

3. Anak-anak adalah yang Utama
Tips Para Public Figure Seimbangkan Urusan Rumah dan PekerjaanMichelle Obama. Foto: Getty Images
"Saat suami saya menjabat sebagai presiden, memang dialah pemimpin negara dan saya first lady. Tapi, pekerjaan pertama kami adalah tetap memastikan bahwa anak-anak kami tetap berada di jalurnya. Itu adalah warisan paling penting yang akan kami tinggalkan," - Michelle Obama (istri eks presiden AS Barrack Obama)

4. Lupakan Rasa Bersalah

"Singkirkan rasa bersalah. Ketika Anda berada di suatu tempat, jangan merasa buruk karena Anda tidak sedang bekerja. Ketika Anda sedang bekerja, jangan merasa buruk karena Anda tidak di rumah," - Katie Couric (Jurnalis)

5. Tak Apa-apa Menetapkan Batasan

"Ketika saya memulai sekolah hukum, anak saya Jane, berumur 14 bulan dan saya menghubungkan kesuksesan saya di sekolah hukum dengan Jane. Saya pergi ke kelas sekitar jam 8.30 pagi dan saya pulang jam 4 sore, itu jam anak-anak. Itu adalah jeda total di hari saya dan jam anak-anak berlanjut sampai Jane tidur. Kemudian saya merasa senang ketika kembali belajar. Jadi saya merasa setiap bagian kehidupan saya memberi kelegaan bagi saya," - Ruth Bader Ginsburg (Badan Hukum di AS)

6. Punya Perspektif

Tips Para Public Figure Seimbangkan Urusan Rumah dan PekerjaanSerena Williams. Foto: Instagram
"Mengetahui saya punya bayi cantik di rumah membuat saya merasa seperti saya tidak harus memainkan pertandingan lain. Saya tidak butuh uang atau gelar atau gengsi. Saya menginginkannya, tetapi saya tidak membutuhkannya. Itu perasaan yang berbeda untuk saya," - Serena Williams (Petenis)



7. Tidak Ada Orang Lain yang Dapat Menggantikan Kita

"Anda mungkin presiden PepsiCo. Anda mungkin berada di dewan direksi. Tetapi ketika Anda memasuki rumah, Anda adalah seorang istri, anak, menantu perempuan, dan ibu. Tidak ada orang lain yang bisa mengambil tempat itu," - Indra K Nooyi (CEO PepsiCo)

8. Hadir dan Matikan Teknologi

"Rasanya lebih efektif ketika saya mengkotakkan hari saya. Jadi ketika saya bersama putra saya, saya fokus pada dia dan ketika sedang bekerja saya fokus pada pekerjaan. Moto saya adalah berpikir, memprioritaskan, mendelegasikan, dan melepaskan. Di rumah, suami saya dan saya memiliki aturan letat 'tidak ada ponsel diperbolehkan di meja atau di kamar tidur'. Ini memungkinkan kami untuk fokus pada satu sama lain dan Lazer serta jauh dari stres," - Sara Blakely (Businesswoman)

9. Jangan Gengsi Minta Bantuan

"Sangat mudah untuk melupakan bahwa Anda tidak sendirian ketika Anda memiliki begitu banyak hal di piring Anda. Membangun sistem pendukung memberi kita kesempatan untuk bersandar. Dalam kasus saya, saya sangat beruntung karena selain keluarga dan teman-teman dekat, banyak orang yang terlibat dalam 'Up All Night' memiliki anak-anak sepantar. Bahkan kami punya ruang bermain di set syuting," - Christina Applegate (Aktris)

10. Koordinasikan Hari Kerja dengan Pasangan

Tips Para Public Figure Seimbangkan Urusan Rumah dan PekerjaanSarah Jessica Parker. Foto: ist
"Ada kalanya ketika aku berbulan-bulan tidak bekerja, dan ada kalanya Matthew juga tidak bekerja dan hal seperti itu tidak bisa dalam satu waktu. Kita harus seperti pelari. Ada kalanya kita membagi tongkat pada pelari di depan sehingga dia bisa berlari bergantian dengan kita," - Sarah Jessica Parker (Aktris)

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi