sign up SIGN UP search


moms-life

Cerita Ibu di Australia Bisa Hemat Uang Belanja Rp 400 Juta Setahun

Asri Ediyati Selasa, 10 Apr 2018 06:59 WIB
Gimana caranya ya? caption
Melbourne, Australia - Siapa yang di sini bukan 'menteri keuangan' keluarga? Rasanya nggak ada ya, Bun. Semua istri dan juga ibu pasti jadi 'menteri keuangan' di keluarganya. Pengeluaran uang belanja untuk kebutuhan keluarga memang bukan persoalan yang gampang. Ya, karena kalau kita boros malah menyesal di akhir. Soal hemat uang belanja, ibu dan juga blogger asal Melbourne, Australia, Olivia White punya tipsnya nih.

Dalam blognya, Olivia sendiri mengaku bahwa ia berhasil menghemat $ 30.000 AUD atau kurang lebih Rp 400 juta per tahun.

Ibu dari dua anak ini mengatakan keluarganya menetapkan tujuan untuk berbelanja. Dia menunjukkan bahwa mereka memulainya dengan tidak memiliki utang lain selain dari pinjaman rumah.


"Harap diingat ini karena saya tahu situasi setiap orang berbeda. Hal pertama yang saya lakukan adalah memasukkan setiap pengeluaran ke dalam spreadsheet (dibukukan). Kami menulis setiap biaya yang kami keluarkan dan mengkategorikan semuanya. Ini termasuk makanan, kebutuhan anak-anak, hiburan, utilitas dan rumah tangga," tulisnya di dalam blog pribadinya, House of White, dikutip dari The Sun.



Sepanjang perjalanan kegiatan belanjanya, mereka memangkas habis pengeluaran yang sebenarnya nggak diperlukan seperti biaya keanggotaan suatu perkumpulan. Mereka juga mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaan buruk yakni menghabiskan uang belanja di supermarket untuk benda-benda yang nggak terlalu penting beberapa kali seminggu dan makan siang di luar.

"Ada juga sih momen seperti 'ya ampun apa ini yang saya beli?' Langkah selanjutnya adalah merencanakan belanja mingguan. Kami akan memilih lima resep untuk seminggu dan berbelanja yang sesuai kebutuhan. Kami membutuhkan sekitar 20-30 menit untuk membaca dengan teliti tentang apa yang ingin kami makan," kata Olivia.

Keluarga Olivia pun hampir 90 persen berbelanja kebutuhan lewat online. Hal ini menurut Olivia akan menghilangkan kemungkinan pembelian impulsif di toko untuk hal-hal yang nggak ia butuhkan.
Cerita Ibu di Australia Bisa Hemat Uang Belanja Rp 400 Juta SetahunFoto: Instagram/houseofwhite2


"Satu hal yang benar-benar membantu kami mencapai tujuan adalah pembayaran mingguan untuk semua utilitas. Ini memungkinkan kami untuk menyimpan dana buat pengeluaran yang nggak perlu. Sehingga tagihan termasuk kartu kredit nggak membengkak. Kami menerapkan prinsip ini untuk listrik, gas, dan air," kata Olivia.

Terlahir dari keluarga sederhana, membuat Olivia benar-benar mengerti betapa pentingnya berhemat. Ia juga curhat bahwa dulu ia sulit dapat kerja dan akhirnya belajar kemudian menemukan cara untuk mendapatkan uang.



Terlepas dari itu, Olivia mengatakan bahwa penting untuk nggak membandingkan diri sendiri dengan orang lain, terutama di era media sosial.

"Sangat mudah untuk terjebak dan berpikir kita ingin atau membutuhkan sesuatu hanya karena melihat apa yang orang lain miliki. Rumah yang lebih besar, mobil mewah, liburan mewah. Padahal apakah kita benar-benar membutuhkannya?" tutup Olivia dikutip dari News AU.

Bunda punya tips lain untuk menghemat uang belanja bulanan? Share dong, Bun. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi