moms-life

Saat Suami Akhirnya Paham Betapa Capeknya Jadi Seorang Istri

Radian Nyi Sukmasari Senin, 23 Apr 2018 08:00 WIB
Saat Suami Akhirnya Paham Betapa Capeknya Jadi Seorang Istri
Melbourne - Menjadi seorang istri sekaligus ibu bekerja memang bukan hal yang mudah. Ya, para wanita paham kok kalau mengurus rumah tangga memang tugas seorang istri. Tapi, bisa jadi hal yang membahagiakan hati ketika suami paham dengan apa yang kita alami dan rasakan, ya nggak, Bun?

Selama ini, suami pernah menyatakan langsung atau ngasih tahu lewat tindakan kalau dia paham betapa repot dan capeknya Bunda nggak? Kalau seorang bunda dua anak bernama Adele Barbaro pernah tersanjung ketika akhirnya sang suami paham gimana capek dan repotnya Adele menjadi seorang ibu juga istri, ditambah Adele bekerja.

Di laman Facebook-nya The Real Mumma, Adele menuliskan apa yang ditulis sang suami, sebut aja namanya Paul. Kayak suami kebanyakan, Paul bilang udah biasa kalau dia pulang kantor kondisi rumah udah rapi. Suatu malam, Paul berencana nonton pertandingan sepakbola dan di pikirannya udah berseliweran apa snack yang bakal dipilih untuk menemaninya nonton sepakbola.


"Sampai Adele bilang ke saya dia kau istirahat sebentar baru nanti beres-beres dapur. Saat saya ke kamar, saya lihat Adele dan putri bungsu kami kelihatan banget kecapekan dan tidur dengan pulas," kata Paul.



Melihat dua orang tercinta yang tertidur pulas, Paul menyadari betapa 'teganya' dia sebagai suami. Maksudnya, selama ini Paul tinggal santai saat datang ke rumah dan dia dengan happy-nya memikirkan pertandingan sepakbola dan apa snack yang bakal dicemil.

"Tapi istri saya, dalam kondisi dia udah kelelahan masih memikirkan dia akan membersihkan dapur dan menyiapkan untuk sarapan dan makan siang kami besok. Padahal, sebagai suami saya tahu istri saya yang juga seorang ibu dan wanita bekerja butuh waktu ekstra untuk menyelesaikan pekerjaan rumah," kata Paul.

Setelah itu, Paul berusaha mencari tahu nih, Bun, apa yang bisa dia lakukan untuk membantu istrinya. Termasuk membersihkan dapur, kata Paul itu akan dia lakukan demi meringankan beban Adele besoknya.

"Ya, saya akan melakukannya. Senggaknya itu bisa meringankan beban Adele. Buat suami lainnya, coba deh lakukan ini. Saya yakin para istri di rumah kalian kelelahan," kata Paul.

Dalam hubungan rumah tangga, terlebih kalau nggak ada ART, pembagian pekerjaan rumah tangga memang perlu dilakukan. Ini penting dilakukan supaya pasangan nggak stres bahkan depresi. Konselor hubungan Dan Auerbach bilang stres dan frustrasi karena masalah pekerjaan rumah tangga nggak melulu karena masalah kerjaan rumah tangga itu, Bun. Kata Dan, seringnya karena pasangan merasa dia mendapat pembagian soal pekerjaan rumah tangga yang nggak adil.

"Sebelum mensetting pembagian jatah pekerjaan rumah tangga, bagus banget kalau kita dan pasangan berpikir apakah kita dan pasangan merasa satu tim lalu apakah pasangan memberi support kita," kata Dan dikutip dari Essential Kids.



Karena seringnya, Bun, pasangan menempatkan kebutuhan emosi mereka yang nggak terpenuhi dengan merasa nggak adil. Ditekankan Dan, komunikasi dengan pasangan adalah kuncinya. Sampaikan ke pasangan apa yang kita rasakan.

"Ketika harapan pasangan akan menyadari perasaan kita nggak tercapai, yang terjadi kita akan menutup diri sebagai bentuk proteksi diri. Padahal, kita tinggal sampaikan aja apa yang diharap ke pasangan kok. Kuncinya dalam hubungan suami istri termasuk soal urusan pekerjaan rumah tangga," kata Dan. (rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi