mom-life

Cara Carissa Putri agar si Kecil Sayang pada Calon Adiknya

Amelia Sewaka Jumat, 27 Apr 2018 19:05 WIB
Cara Carissa Putri agar si Kecil Sayang pada Calon Adiknya
Jakarta - Ketika kita hamil lagi dan anak pertama masih kecil rasanya memang dilema sih ya, Bun. Satu sisi kita bahagia dengan hadirnya kembaali calon anak tapi di satu sisi merasa bersalah karena anak pertama kita masih kecil dan masih butuh perhatian juga. Sehingga, penting banget nih ngajarin si kakak sayang sama si calon adik.

Ini juga yang lagi dilakukan aktris cantik, Carissa Putri pada anak pertamanya, Quenzino Acana Naif atau yang akrab disapa Q. Saat ini Carissa lagi hamil 15 minggu.

"Butuh waktu sih emang buat ajarin Q tuh. Aku suka bilang, Q harus sayang, ini kan adiknya Q dan harus dijagain juga karena Q kan yang paling gede. Jagain Mama Papa juga, kalau bukan Q yang jaga siapa lagi," tutur Carissa saat konferensi pers kampanye Lotte Choco Pie #PremiumMomentstogether, di Tugu Kunstring, Menteng, beberapa waktu lalu.


Carissa pun tak segan-segan untuk memberi tahu anak pertamanya tiap hari agar dia nggak kaget ketika punya adik. Carissa Putri juga tetap memastikan ke Q kalau dia akan tetap merasakan kasih sayang dari orang tuanya.



"Aku kasih tahu tiap hari supaya dia sayang adiknya, eh dia malah sayang banget sampai dia nanya kapan sih Ma baby-nya keluar. Lama banget nggak keluar-keluar," kata Carissa. Ada-ada aja ya tingkah Q, Bun.

Carissa sendiri sangat menjaga kehamilannya karena banyaknya perbedaan dari kehamilan pertama dan kedua. Alhasil Carissa jadi lebih hati-hati. "Yang pasti makanannya dijaga sih dan dipastiin banyak minum air putih," ungkap Carissa.

Buat Bunda yang sedang hamil kedua, salah satu tantangan yang bisa dialami adalah menghadapi kecemburuan si kakak pada calon adiknya. Memang wajar sih, Bun, si sulung cemburu pada calon adiknya. Tapi, kita bisa lho meminimalkan rasa cemburu kakak pada calon adiknya.



Psikolog anak dari Tiga Generasi, Marcelina Melissa yang akrab disapa Lina mengatakan, sebelum adiknya lahir, coba yuk ajak si kakak untuk bersama melakukan aktivitas yang melibatkan bunda, si kakak, dan calon adiknya.

"Misalnya kita ajak si kakak membaca dongeng bersama. Kegiatan ini secara nggak langsung kan juga melibatkan calon adik di dalam perut ya," tutur Lina.

Kalau mau membacakan cerita soal hubungan kakak dan adik juga boleh lho, Bun. Sehingga anak punya gambaran kalau punya adik itu menyenangkan dan kasih sayang bunda serta ayahnya nggak berubah kok.

Makanya, Lina berpesan tetap berikan perhatian yang relatif sama antara sebelum dan sesudah sang adik lahir. Dengan begini anak kan nggak merasakan perubahan dan merasa selama bundanya hamil si adik kok jadi nggak sayang lagi sama dirinya ya.

Psikolog Tara de Thouars BA MPsi menambahkan, peran ayah juga sangat penting di sini, Bun. Bayangin kalau kakak jadi cari perhatian banget sampai bikin kita kesal tapi sang ayah malah ikutan kesal juga. Makanya, kata Tara ayah perlu juga ngajak si kakak misalnya bermain di outdoor atau melakukan permainan seru lainnnya untuk mengalihkan perhatian sang kakak yang cemburu sama calon adiknya.
(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi