moms-life

Ini Tentang Hubungan Intim Setelah Melahirkan Caesar

Melly Febrida Jumat, 18 May 2018 17:01 WIB
Ini Tentang Hubungan Intim Setelah Melahirkan Caesar
Jakarta - Melahirkan melalui operasi caesar bisa menyisakan rasa nyeri yang nggak sebentar ya, Bun. Kalau si kecil udah umur beberapa bulan, bisa timbul nih pertanyaan kapan ya bisa mulai berhubungan intim setelah bersalin caesar?

Bagi sebagian besar ibu yang baru melahirkan mungkin memikirkan seks itu belakangan. Sudah sering begadang, anak rewel, plus hormon yang naik turun bukan nggak mungkin mematikan hasrat bercinta sehingga ibu nggak begitu memikirkan seks.

"Perubahan hormon pada ibu bisa membantu mempererat ikatan ibu ke bayi, dan umumnya menekan keinginan untuk berhubungan seks selama beberapa minggu pertama atau lebih," kata Nicole Williams, MD, pendiri Gynecology Institute of Chicago seperti dilansir Women's Health.


Meski bisa menurunkan hasrat berhubungan intim, suatu hari dorongan itu akan kembali lagi, Bun. Kata Nicole, Bunda yang baru menjalani operasi caesar sebaiknya puasa seks selama enam hingga delapan minggu. Alasan utamanya karena Bunda baru menjalani operasi besar yang memotong semua lapisan perut untuk mencapai rahim.

Semua lapisan itu, terutama lapisan otot, harus pulih lebih dulu. Jangan salah, uterus atau rahim juga terdiri dari otot, Bun. Selain itu, berhubungan intim setelah operasi caesar bisa berisiko membuka jahitan.



"Ketika jahitan belum pulih sepenuhnya dan istri mengalami orgasme, bisa menyebabkan kram melalui pelepasan hormon tertentu yang merangsang rahim," kata Nicole.

Apabila udah lebih dari enam bulan Bunda memutuskan hendak memulai berhubungan intim tapi kok rasanya nggak nyaman, jangan khawatir, Bun. Di awal mencoba berhubungan seks, bagian pusat tubuh bisa aja nyeri. Selain itu, kalau perasaan nggak nyaman baiknya ditunda dulu berhubungan intim.

"Tunda dulu sekitar seminggu kemudian coba lagi bercinta. Untuk posisi hubungan intim, spooning atau posisi sendok bisa dicoba. Posisi ini relatif lebih aman dan nyaman," kata Nicole.

Dikutip dari detikHealth, dr Hari Nugroho SpOG dari Departemen Obstetri dan Ginekologi RSUD Dr Soetomo juga manyarankan hal yang sama tentang seks setelah melahirkan. Menurutnya, pasangan suami istri bisa kembali berhubungan intim minimal 6 minggu setelah melahirkan.

"Setelah 6 minggu, ukuran rahim sudah normal, darah nifas sudah berhenti dan untuk kelahiran normal luka sudah sembuh sempurna. Jangan lupa gunakan kontrasepsi karena kesuburan sudah kembali tanpa didahului oleh menstruasi," kata dr Hari.

(rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi