sign up SIGN UP search


moms-life

Tips Mencuci Popok Kain Si Kecil

Siti Hafadzoh   |   Haibunda Selasa, 30 Oct 2018 07:10 WIB
Jangan malas mencuci popok kain si kecil ya, Bun, supaya nggak menimbulkan bakteri. Ikuti tips ini untuk mencuci popok bayi. caption
Jakarta - Apakah Bunda termasuk ibu yang masih menggunakan popok kain untuk si kecil? Popok kain memang lebih ekonomis dibandingkan popok sekali pakai. Popok kain kan bisa digunakan berkali-kali. Tapi, kalau menggunakan popok kain, Bunda harus rajin-rajin mencucinya lho.

Dikutip dari Mum Junction, sebaiknya Bunda mencuci popok kain setiap hari. Cucilah setiap kali bayi ganti popok. Kalau nggak sempat, Bunda bisa menyimpan popok kotor ke ember. Kemudian cuci setiap sore atau pagi harinya. Kadang, beberapa ibu malas mencuci popok kain dan menumpuk popok kotor hingga berhari-hari. Padahal ini bisa menyebabkan bau yang menyengat.

Karena Bunda perlu mencuci popok setiap hari, lebih efisien kalau mencucinya menggunakan tangan. Nah, berikut cara untuk mencuci popok kain dengan tangan yang bisa Bunda lakukan.




1. Tuang air hangat ke ember. Tambahkan deterjen khusus pakaian bayi. Aduk air hingga berbusa. Lalu, rendam popok selama dua sampai tiga menit.

2. Cuci popok yang sudah direndam air sabun dengan cara mengucek bagian yang kotor hingga bersih.

3. Peras popok kain, kemudian pindahkan ke ember kosong.

4. Tuang air ke ember tersebut dan bilas popok hingga tidak ada sabun yang tertinggal di popok kain. Terakhir, peras popok hingga airnya berkurang.

Untuk menghilangkan bau dan bakteri, Bunda bisa nih menggunakan soda kue. Rendam satu ember penuh popok bayi dengan air dan setengah cangkir soda kue. Soda kue dapat menghilangkan bau popok yang menyengat dan menghilangkan bakteri yang ada di popok kain. Sebaiknya, merendam popok dengan soda kue dilakukan sebelum mencucinya dengan deterjen.

Ilustrasi popok kainIlustrasi popok kain/ Foto: iStock
Dokter spesialis anak, dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA K) berpendapat, popok kain memang lebih baik daripada popok sekali pakai. Tapi, kekurangannya, popok kain tidak praktis digunakan ketika bepergian. Jadi memang popok kain dan popok sekali pakai memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

"Lebih baik gunakan bahan kain saja, tapi pilih bahan kain yang lembut untuk kulit bayi. Namun jika keadaannya mendesak, ingin pergi jauh, atau mengharuskan bayi menggunakan popok sekali pakai, tidak masalah," ujar dr Piprim kepada detikcom.

Nah, Bunda bisa menyesuaikan penggunaan popok dengan kebutuhan si kecil. Kalau lagi di rumah dan nggak kemana-mana, lebih baik pakai popok kain. Ketika ke luar rumah, baru deh gunakan popok sekali pakai supaya lebih praktis. Meskipun penggunaan popok kain atau sekali pakai tergantung keputusan masing-masing orang tua.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!