mom-life

9 Bahan yang Bisa Usir Semut di Dapur

Asri Ediyati Senin, 12 Nov 2018 10:04 WIB
9 Bahan yang Bisa Usir Semut di Dapur
Jakarta - Satu dua semut mungkin nggak terlalu mengganggu. Namun, jika sudah mengerubungi makanan kita rasanya cukup mengganggu. Makan bekas semut pun jadi segan, seringkali malah kita buang. Mengutip dari Popular Mechanics, semut adalah gangguan umum di rumah tangga.

Alasan utama semut di rumah adalah mereka menemukan sumber makanan. Biasanya sumber makanan itu ada di dapur, itulah sebabnya tanda pertama ada koloni semut yakni beberapa semut berjalan di meja dapur. Para semut itu mengidentifikasi lokasi makanan dan mereka akan segera menyampaikan informasi kembali ke sarang mereka.

Nah, berikut ini sepuluh bahan yang bisa mengusir semut di dapur.


1. Lem silikon
9 Bahan yang Bisa Usir Semut di DapurLem silikon/ Foto: thinkstock

Bahan ini aman untuk Bunda yang punya balita atau hewan peliharaan. Lem silikon bisa menambal lubang sarang semut di jendela, pintu, dan celah apa pun yang bisa dijelajahi semut.

2. Larutan cuka
9 Bahan yang Bisa Usir Semut di Dapurilustrasi cuka/ Foto: iStock

Bersihkan permukaan meja dan tembok dapur dengan larutan cuka. Formulasi larutannya yakni setengah cuka dan setengah air. Larutan cuka adalah campuran yang bagus untuk digunakan membersihkan secara umum dan mengganti deterjen. Cuka bekerja karena semut membenci baunya, dan cuka menghilangkan jejak aroma yang semut gunakan untuk berkeliling.

3. Jus lemon
9 Bahan yang Bisa Usir Semut di Dapurilustrasi jus lemon/ Foto: iStock

Sama seperti cuka, jus lemon juga menghilangkan jejak-jejak bau yang diikuti semut. Coba semprotkan jus lemon di sekitar tempat-tempat di dapur yang dekat dengan sumber makanan dan sarang semut. Ingat Bun, jus lemon yang tanpa gula ya.

4. Minyak peppermint
9 Bahan yang Bisa Usir Semut di Dapurilustrasi minyak peppermint/ Foto: Dok. Thinkstock

Tuang beberapa tetes minyak peppermint di kain lap kemudian gunakan untuk membersihkan meja dapur. Semut tidak suka dengan baunya, dan minyak peppermint ramah lingkungan, aman bagi anak-anak. Bonusnya, dapur kita akan beraroma mint segar.

5. Bumbu dan rempah
9 Bahan yang Bisa Usir Semut di Dapurilustrasi lada/ Foto: Rachman Haryanto

Taburkan lada hitam, cabe rawit, cabai, kayu manis, mint, cabai, cengkeh, atau bawang putih di mana pun kita melihat semut. Kita juga bisa mencoba menempatkan daun salam di lemari, laci, dan wadah.

6. Ampas kopi
9 Bahan yang Bisa Usir Semut di Dapurilustrasi ampas kopi/ Foto: iStock

Taburkan ampas kopi di kebun dan di sekitar bagian luar rumah. Jika kita dapat menemukan dengan tepat sarang semut, segera taburi dengan ampas kopi.

7. Kapur dan bedak bayi
ilustrasi bedak bayi/ ilustrasi bedak bayi/ Foto: Thinkstock

Cobalah menggambar garis dengan kapur atau taburi bedak bayi di beberapa tempat yang sering dilalui koloni semut. Bahan dalam kapur dan bedak bayi adalah pengusir semut alami.

8. Kulit timun dan jeruk
ilustrasi kulit jeruk/ ilustrasi kulit jeruk/ Foto: iStock

Kita bisa mengusir semut dengan meninggalkan kulit di area yang sering dikunjungi semut. Hal ini karena kulit timun dan jeruk memiliki racun bagi semut jadi semut nggak ingin mendekatinya.

9. Sabun cuci piring
ilustrasi sabun cuci piring/ ilustrasi sabun cuci piring/ Foto: iStock

Oles sabun cuci piring sedikit di sekitar pinggir jendela, pintu, dan di area dapur tempat semut cenderung berkumpul. Kita juga dapat mencoba menuangkan sabun cuci piring langsung ke sarang semut. Kita juga bisa mencampur sabun dengan air dalam botol semprot. (aci/nwy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi