sign up SIGN UP search


moms-life

3 Strategi agar Usaha Berjalan Sukses, Bunda Bisa Pelajari

Yuni Ayu Amida   |   Haibunda Sabtu, 10 Nov 2018 19:32 WIB
Ingin usaha tetap berkembang, bertahan dan pastinya sukses Bun? Pelajari 3 strategi ini, yuk. caption
Jakarta - Pasang surut sebuah usaha itu pasti terjadi, Bun. Namun jika kita tahu strategi untuk mengembangkan dan mempertahankannya itu akan sangat baik. Berikut ini tiga strategi yang dapat Bunda pelajari untuk mengembangkan dan mempertahankan sebuah usaha.

Menurut Diajeng Lestari, Founder and CEO HijUp, saat kita menjalani bisnis, kita harus tahu goals dari bisnis tersebut. Dengan begitu, kita akan fokus untuk mencapai target. Selain itu, pastikan produk atau usaha yang dipasarkan layak di muka umum. Karena, suatu usaha akan bertahan dan berkembang jika produk yang dipasarkan memiliki kualitas yang baik.

"Produk akan membrandingkan produknya sendiri, jika produk itu bagus," kata Diajeng dalam Press Conference Festival Srikandi Nusantara 'Buka Kesempatan untuk Perempuan Indonesia' di Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (10/11/18).




Diajeng juga menjelaskan bahwa kekuatan sebuah usaha itu ada di word of mouth. Jadi kalau produk kita berkualitas, unik, bisa bersaing, dan disukai banyak orang, maka akan dapat testimoni yang bagus, yang nanti promosinya bisa dari mulut ke mulut.

Pada kesempatan yang sama, Euginie Patricia, Co-Founder Puyo Dessert menambahkan untuk memulai sebuah usaha pastinya kita butuh bantuan dari lingkungan sekitar. Karena usaha tidak akan berdiri kokoh jika dikerjakan sendiri. Merekrut teman atau orang dekat yang dipandang mampu bekerja sama dan profesional bisa jadi solusinya.

Euginie kemudian membagikan 3 strategi mengembangkan dan mempertahankan usaha, yang bisa Bunda pelajari.

1. Kualitas produk
3 Strategi agar Usaha Berjalan Sukses, Bunda Bisa PelajariFoto: Istock
Penting untuk selalu memperhatikan kualitas produk. Menciptakan inovasi, rasa baru, bentuk baru, untuk membuat konsumen tidak bosan.

"Kalau produknya nggak enak, orang nggak akan balik lagi, jadi kualitas produk itu penting untuk selalu diperhatikan," kata Eugine

2. Branding
3 Strategi agar Usaha Berjalan Sukses, Bunda Bisa PelajariFoto: Istock
Branding, marketing atau cara memasarkan sebuah produk juga penting diperhatikan. Buat produk semenarik mungkin, tidak hanya dari segi rasa, bentuk, namun juga dari segi nama.

3. Service atau pelayanan

Saat memiliki sebuah usaha, pastikan kita mempunyai sesuatu yang berbeda dengan kompetitor. Misal, dari sisi pelayanan. Saat konsumen mendapat pelayanan nggak memuaskan dari usaha kita, bukan nggak mungkin mereka kapok datang ke gerai kita, Bun. Itu sebabnya, pelayanan yang baik penting diberikan untuk menjaga kepuasan konsumen dan bikin orang lain tertarik.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!