mom-life

Tips Mengasah Pisau Menggunakan Bokong Mug, Bunda Harus Coba

Zika Zakiya Minggu, 11 Nov 2018 18:03 WIB
Tips Mengasah Pisau Menggunakan Bokong Mug, Bunda Harus Coba
Jakarta -

Bunda butuh mengasah pisau tapi tidak punya batu asah? Ternyata ada cara paling mudah untuk menajamkan kembali pisau yang tumpul tanpa menggunakan batu asah, yakni dengan menggunakan bokong mug.


Dikutip dari Serious Eats, mug dan piring dari keramik, biasanya memiliki pelek tanpa glasir di bagian bawahnya. Pelek tanpa glasir ini lebih kuat dari logam dan bisa digunakan untuk mengasah pisau.

Caranya, Bunda cukup balik mug keramik hingga terlihat bagian melingkar keputihan di bawahnya. Gesekkan pisau dengan sudut 15 - 20 derajat dengan satu arah. Gesekkan di sini sama seperti gerakan yang Bunda lakukan ketika menajamkan pisau dengan batu asah.

Lakukan sebanyak 10 hingga 15 kali di setiap sisi. Namun gesekkan ini semakin lama semakin Bunda kurangi. Dimulai dari 15 gesek lebih dulu, kemudian berkurang menjadi 10, lalu kurangi lagi menjadi lima, empat, hingga akhirya menjadi satu gesekan tiap sisinya.


Tips mengasah pisauTips mengasah pisau Foto: Vicky Wasik



Metode ini didapat oleh Chief Culinary Consultant, J. Kenji López-Alt. Ia sendiri mengaku sudah lama mengetahui hal ini dan dibagikannya melalui media sosial.

"Hanya dalam 30 detik, saya berhasil mengubah pisau yang tadinya bahkan tidak bisa memahat sebuah kentang, jadi pisau yang dengan mudahnya membelah sebuah tomat," tulis Lopez-Alt.


Nah, bagaimana Bunda? Siap mencoba metode ini di rumah. Segera siapkan mug keramik Bunda dan coba sendiri terapkan cara jitu ini.

(ziz/nwy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi