mom-life

Kenangan Manis Zaskia Adya Mecca tentang Permainan Masa Kecil

Amelia Sewaka Kamis, 15 Nov 2018 09:32 WIB
Kenangan Manis Zaskia Adya Mecca tentang Permainan Masa Kecil
Jakarta - Melihat tumbuh kembang anak merupakan momen yang sangat istimewa bagi para orang tua. Bermain menjadi salah satu kegiatan di mana orang tua dapat melihat perkembangan anak secara langsung, sekaligus memberikan ingatan baik seumur hidup ke anak. Inilah yang dirasakan Zaskia Adya Mecca tentang momen bermainnya saat kecil.

Zaskia Adya Mecca bercerita, ia yang merupakan tujuh bersaudara dan ayah ibunya bukan dari keluarga yang kaya dan bisa beli mainan tiap hari. Zaskia dan saudara-saudaranya bukan tipe yang tiap weekend pasti diajak ayah ibunya ke mal atau tempat mainan.

"Aku ingat betul, dengan tujuh bersaudara, aku nggak selalu dibeliin mainan atau dibawa Mama Papa ke arena bermain gitu. Ya, karena Mama nggak sanggup beliin kita satu kartu buat main dan mahal juga," kata Zaskia Adya Mecca di tengah acara peluncuran buku 'Main Bareng Bikin Seneng Melalui #BukuMamaBisa' di Buumi Playscape, Pacific Place, Jakarta Selatan pada Selasa (13/11/2018).
Kenangan Manis Zaskia Adya Mecca tentang Permainan Masa KecilFoto: Instagram/Zaskia Adya Mecca




Zaskia Adya Mecca ingat sekali ajaran dari sang ibu, yaitu main apa yang ada di rumah. Artinya, bendanya bisa berupa apa saja yang berasal dari rumah tanpa harus beli.

"Misal, Mama punya sayuran, kita ambil sedikit kita buat main. Nanti kita ulek pakai batu, nah jadinya main masak-masakan. Mainan yang seperti ini sih, yang berkesan banget dan aku ingat sampai sekarang," kata ibu empat anak ini.

Jika ditanya, pernah dibelikan mainan apa saja oleh orang tuanya, Zaskia mengaku lupa. Namun, kalau ditanya momen main apa yang paling diingat, ya ketika mereka main masak-masakan bareng, cari tanaman atau buah yang kecil-kecil nanti diulek, dan seru-seruan bareng sama ayah ibunya.
Kenangan Manis Zaskia Adya Mecca tentang Permainan Masa KecilFoto: Noel/detikHOT
"Nanti aku sama Mama bisa keluar nyari binatang kepik. Main toko-tokoan di rumah, Papa yang bikin tenda dari seprai. Aku nggak ingat sama sekali mainan apa yang dibeliin sama Mama Papa dari toko," kata istri Hanung Hanung Bramantyo ini.

Bermain dan menghabiskan waktu bareng seperti ini menurut Zaskia lebih berkesan daripada sekadar dibelikan mainan. Ini pula yang ingin Zaskia Adya Mecca terapkan ke buah hatinya.

"Nah, aku ingin anakku juga punya momen seperti itu. Kesan bermain sama orang tuanya diingat sampai seusia aku sekarang. Sesuatu yang dibuat sendiri biasanya memang meninggalkan kesan yang berbeda kan," tambah Zaskia Adya Mecca.

Kalau Bunda, punya kesan atau momen manis apa soal permainan masa kecil? Share di kolom komentar yuk.

(aml/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi