sign up SIGN UP search


moms-life

Sudahkah Bunda Mencuci Botol Minum dengan Benar?

Yuni Ayu Amida Rabu, 28 Nov 2018 19:00 WIB
Hati-hati, bakteri bersarang bahkan pada botol minum yang sudah dicuci. Lantas bagaimana cara membersihkannya? Disimak ya, Bunda. caption
Jakarta - Botol minum yang sudah kita bersihkan dengan air panas, rupanya belum tentu bersih lho, Bun. Kesalahan dalam mencuci botol minum membuat ribuan bakteri bersarang dan menyebabkan penyakit.

Menurut Spesialis Mikrobiologi Klinik dari FKUI/RSCM, dr Yulia Rosa SpMK, mencuci botol minum menggunakan air panas saja tidak cukup. Bakteri yang menempel di sana belum tentu berkurang.

"Bakteri, terutama yang hidup di air ada yang tahan sama suhu 100 derajat Celcius, bahkan di air asin juga bisa bertahan," kata dr Yulia usai acara talkshow kesehatan dan launching Scotch-Brite Bottle Cleaner di Modena Experience, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (28/11/2018).


Lebih lanjut dr Yulia memaparkan, sebuah penelitian di Singapura mengungkapkan bahwa pada botol-botol yang sudah dicuci, kemudian diisi air matang. Setelah 4 sampai 6 jam, rupanya bakteri tumbuh di air matang tersebut bahkan sampai puluhan ribu.

"Bahkan ada penelitian yang ternyata hasilnya, jumlah bakteri di dalam botol minum lebih banyak dari bakteri di toilet," jelas dr Yulia.

Dalam kesempatan yang sama, artis Shireen Sungkar menceritakan, anaknya pernah mengalami diare dan muntah-muntah. Namun selama ini, dia tidak menduga bahwa hal tersebut bisa saja disebabkan oleh botol minum yang kurang bersih.

"Pengalaman itu pasti ada, cuma kita nggak notice itu dari botol. Berarti sekarang udah tahu, anak diare, muntah, bisa jadi karena botolnya kurang bersih," ungkap Shireen.

Saat ini, permukaan botol minum terdiri dari berbagai macam model. Pada sela-sela dan lekukan botol yang sulit dijangkau itulah tempat bakteri hidup dan berkembang.

Itu sebabnya, dr Yulia menyarankan untuk mencuci botol minum dengan benar. Tidak hanya diguncang dengan air tanpa disikat, tapi pemakaian baking soda, cuka, maupun jeruk nipis juga dapat membantu untuk membersihkan botol minum dan peralatan dapur lainnya.

"Nah dengan tools seperti spons, kemungkinan mereduksi atau menurunkan jumlah bakteri itu berpengaruh sekali, daripada hanya mencuci dengan air dan sabun saja tanpa penggosokan," tutur dr Yulia.

Dan yang lebih penting, setelah mencuci botol minum, keringkan terlebih dulu sebelum digunakan. Jangan langsung diisi air saat masih dalam keadaan lembab. Untuk botol minum yang sudah lama tersimpan di lemari, sebaiknya dicuci lagi sebelum digunakan. Karena debu yang menempel akan jadi sumber bakteri. (yun)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi