Sign Up search


moms-life

Stop Membully Ibu Baru Seperti Mytha Lestari

Ratih Wulan Pinandu Jumat, 30 Nov 2018 18:00 WIB
Stop Membully Ibu Baru Seperti Mytha Lestari caption
Jakarta - Maraknya media sosial, membuat kebiasan mem-bully makin tak terkontrol. Public figure dan selebritas pun jadi sasaran empuk untuk dikomentari tanpa henti. Seperti dialami Mytha Lestari, yang kerap mengalami perundungan setelah punya anak.

Berbagai unggahan Mytha Lestari di Instagram, tak luput dari nyinyiran netizen. Parahnya lagi, mereka menyerang anak Mytha yang masih bayi, Mahatma Kala Maheswara. Misalkan saja, saat Mytha mem-posting foto sang anak. Banyak warganet yang gatal untuk ikut berkomentar mengenai fisik anaknya.
Stop Bullying Pada Ibu Baru Seperti Mytha LestariFoto: Hanif Hawari
Bunda, stop lakukan hal itu pada ibu baru yuk! Kadang, ada beberapa ucapan yang dapat menyakiti ibu baru. Biarkan mereka menikmati perannya sebagai orang tua baru, yang masih belajar mengurus anak.

Melansir Everyday Family, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dikatakan pada ibu baru. Salah satunya menanyakan, apakah dia akan kembali bekerja setelah melahirkan. Selanjutnya, hindari pula untuk mengomentari fisik anaknya seperti, bertanya tentang bentuk hidungnya, warna kulitnya dan lain sebagainya.



Satu lagi, sangat penting untuk tidak menanyakan apakah dia memberikan ASI pada bayinya. Banyak ibu baru merasa tidak nyaman membicarakan tentang hal pribadi seperti menyusui. Jika Bunda ingin memberi dukungan, lebih baik ganti dengan memberikan informasi mengenai konselor laktasi yang bagus. Atau, tips menyusui yang nyaman untuk ibu dan bayinya.

Tahan diri agar tidak banyak berkomentar mengenai pola asuh yang diterapkan pada sang anak. Melarang ibu menggendong, memeluk atau mencium bayinya, sangat tidak dianjurkan ketika menjenguk mereka. Lebih baik, memberi dukungan pada ibu baru agar lancar menyusui. Dukungan sangat dibutuhkan agar mereka tidak depresi atau mengalami baby blues pasca melahirkan.

"Dukungan buat ibu menyusui penting banget. Terutama suami, dia bisa jadi pelindung istrinya dari omongan orang di sekitar yang nggak mengenakkan. Jangan sampai ibu sudah menghadapi kesulitan saat menyusui ditambah harus menghadapi nyinyiran dari orang sekitar. Kasihan kan, bisa down ibunya," kata konselor laktasi dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, dr Ameetha Drupadi, CIMI.

(rap/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi