moms-life

Permintaan Haru Putri Denada Saat Jalani Kemoterapi

Asri Ediyati Senin, 03 Dec 2018 20:00 WIB
Permintaan Haru Putri Denada Saat Jalani Kemoterapi
Jakarta - Ketika melihat anak sakit, rasanya nggak tega ya, Bun. Hal yang sama dirasakan penyanyi Denada saat melihat anaknya, Shakira berjuang sembuh dari leukemia.

Baru-baru ini, Denada mengabarkan kondisi terbaru Shakira saat menjalani kemoterapi. Setelah berbulan-bulan menjalani pengobatan, diungkap Denada jika Shakira memiliki permintaan tersendiri. Hal itu, membuat Denada berusaha selalu ada di dekatnya. Hiks.

"Seminggu ini dia (Shakira) minum pil steroid sebagai bagian dari protokol chemo-nya. Efeknya, ingin makan terus tapi tiap makan katanya rasanya nggak di mulut. Jadi makan 1 - 2 suap, terus nggak mau makan sendiri. Sampai dia sendiri jengkel karena selalu kepingin makan, tapi nggak enak semua rasa makanannya," tulis Denada di Instagram.


Denada menceritakan jika efek obat tersebut membuat kaki Shakira lemas. Sehingga membuat Shakira moody dan tidurnya pun jadi nggak nyenyak. Selain uring-uringan, Shakira juga meminta Denada agar tidak pergi jauh-jauh darinya. Shakira ingin memegang ibunya terus, juga minta peluk dan disayang.

"Minta dekat-dekat terus, aku mandi pintunya diketok suruh cepat. Salat nggak boleh di kamar, harus dekat dia. Makan, duduk, ngapa-ngapain harus dekat dia, harus nempel sama badannya," sambung Denada.

Sebelum mem-posting foto di Instagram, Shakira sempat meminjam kertas memo dan ditempelkan di baju Denada. Shakira bilang ke sang ibu, "Jangan dilepas ya Ibu, so you know how much I love you."

"Ok baby, ok. I love you very very much too," jawab Denada.

[Gambas:Instagram]


Shakira menulis beberapa pesan dan menggambar emoji senyum. 'I love you as big as moon', 'Love you Ibu'. So sweet! Semoga cepat sembuh ya Shakira, kamu anak yang kuat!

Mendampingi anak ketika sedang sakit serius memang tak mudah. Terlebih jika sebelumnya anak sangat ceria dan selalu bersemangat seperti Shakira. Psikolog anak dari Tiga Generasi, Marcelina Melisa yang akrab disapa Lina, mengatakan ketika anak mengidap penyakit serius akan berpengaruh pada kesehariannya. Nah, orang tua perlu menyampaikan bahwa aktivitas yang sehari-harinya dilakukan anak, nantinya tidak bisa dilakukan, terutama saat menjalani treatment.

"Saat anak jawab tubuhnya lemas, perlahan kita giring anak untuk ngeh bahwa dia agak kesulitan melakukan aktivitas harian seperti biasanya. Tapi, tekankan ke anak bahwa nanti dia bisa kok melakukan aktivitas seperti biasanya, meskipun anak sadar kondisi dia sekarang dan sebelumnya berbeda," kata Lina kepada HaiBunda.

Jangan lupa, untuk tetap memberi kegiatan alternatif anak sesuai kebiasaannya. Untuk anak hobi menari misalnya, kita bisa putarkan berbagai video anak-anak menari atau menyuguhkan film soal dansa ke anak sebagai gantinya.


[Gambas:Video 20detik]

(aci/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi