mom-life

GrabChat Bisa Berkirim Foto dan Suara, Permudah Perjalanan Bunda

Amelia Sewaka Senin, 10 Dec 2018 14:04 WIB
GrabChat Bisa Berkirim Foto dan Suara, Permudah Perjalanan Bunda
Jakarta - Sebagian ibu rumah tangga pasti pernah merasa kerepotan mengurus bayi sendirian atau anak saat bepergian. Bisa kebayang dong, tangan kanan gendong si kecil, tangan kiri bawa tas anak-anak. Ya, belum lagi tas Bunda sendiri. Di saat seperti ini, kalau suami lagi nggak bisa antar atau jemput, pesan jasa transportasi online pun jadi ruwet.

Nah, kini Bunda sudah tak perlu lagi repot mengetik untuk memberi tahu detail ke driver soal posisi atau titik pertemuan. Kini, fitur komunikasi di aplikasi Grab semakin lengkap. Selain bisa berkirim pesan melalui teks, pengguna juga bisa memanfaatkan media foto dan pesan suara.

Melalui kedua fitur ini, customer bisa mengirim foto lokasi terkini agar memudahkan penjemputan. Sementara fitur pesan suara memungkinkan mitra pengemudi untuk berkomunikasi tanpa perlu menelepon customer dengan menggunakan pulsa ataupun menulis teks pesan.





"Biasanya pengemudi itu langsung menelepon, cuma kan itu buang pulsa. Hal itulah yang kemudian mendorong kita untung menghadirkan GrabChat. Tapi, kami sadar itu saja tidak cukup, makanya kami hadirkan voice chat jadi mitra pengemudi bisa merekam suaranya daripada harus menulis teks," ujar Marketing Director Grab Indonesia Mediko Azwar, seperti dilansir detikcom.

Mediko menyebut, 70 persen mitra pengemudi menganggap fitur pesan suara tersebut sangat membantu. Sebab, menurutnya, fitur tersebut bisa menghemat tagihan telepon mereka.

Sementara itu, survei yang dilakukan Grab juga menunjukkan, 60 persen mitra pengemudi menyukai fitur yang membuatnya bisa menerima pesan foto. Fitur ini membantu mereka untuk menjemput customer lebih mudah dengan mengidentifikasi foto lokasi yang diterima.

Tak hanya itu, Bun, dikutip dari situs resmi Grab, dengan berbagai banyak bahasa berbeda yang digunakan di Asia Tenggara, per akhir tahun ini, GrabChat juga akan diperkuat dengan fitur auto translation untuk pesan yang dikirim yang memungkinkan pelancong di Asia Tenggara lebih mudah berkomunikasi dengan pengemudi lokal.




Grab memperkenalkan lebih banyak fitur-fitur bermanfaat untuk GrabChat. Berikut Fitur-fitur pembaruan untuk GrabChat:

- Auto translation untuk pesan, yang memungkinkan komunikasi lebih mulus antara pengemudi dan wisatawan asing dengan dukungan Bahasa untuk Bahasa Inggis, Bahasa Melayu, Bahasa Indonesia, Bahasa Mandarin, Bahasa Thailand, dan Bahasa Vietnam.

- Proses terjemahan berkelanjutan dari pesan-pesan template untuk semua negara berdasarkan analisa dari pesan-pesan yang paling sering diketik, untuk meningkatkan pesan-pesan template, memastikan pilihan yang tersedia tetap relevan dan bermanfaat.

- Memperluas GrabChat untuk layanan lain seperti GrabBike, GrabHitch, GrabExpress dan GrabFood untuk pengalaman pengguna yang lebih seragam dalam aplikasi Grab.

- Memungkinkan pesan lokasi dan multimedia berdasarkan penilaian atas kenyamanan pengguna untuk berbagi atau mengirimkan foto dari lokasi mereka untuk proses penjemputan yang lebih cepat. (aml/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi