mom-life

Dukungan Ibu dan Sahabat Bantu Gugun Gondrong Pulih dari Tumor Otak

Annisa Karnesyia Jumat, 01 Feb 2019 19:29 WIB
Dukungan Ibu dan Sahabat Bantu Gugun Gondrong Pulih dari Tumor Otak
Jakarta - Kebahagiaan tengah menyelimuti artis Gugun Gondrong nih, Bun. Lama tak terdengar kabarnya, Gugun Gondrong baru saja merayakan ulang tahun yang ke-50 pada Rabu kemarin (30/1).

Dilansir Insertlive, Gugun merayakan hari spesialnya itu bersama orang terkasih di rumahnya di kawasan Mampang Prapatan 16, Jakarta Selatan. Selain ditemani ibunda, Tuning Sukobagyo, terlihat juga beberapa rekan artis yang hadir seperti Rico Ceper dan Eddies Adelia.

Sang bunda berharap agar Gugun selalu sehat dan tetap bersemangat, Bun. "Supaya Gugun selalu sehat, tetap bersemangat dan awet muda. Nah, sekarang kita akan melihat beliau ini meniup lilin ke-50," ungkap Tuning.



Kehadiran Rico Ceper makin menambah riang suasana. Rico terlihat beberapa kali melempar candaan yang membuat Gugun tertawa saat mendengarnya.Bunda masih ingat kan, saat Gugun Gondrong divonis dokter mengidap tumor otak 11 tahun lalu. Meskipun belum pulih seperti sediakala, rona bahagia tetap terpancar dari wajahnya.

Kehadiran keluarga dan sahabat itu memang penting, Bun untuk orang-orang yang berjuang pulih dari penyakitnya. Terlebih, seperti dialami Gugun yang mengalami penyakit berat, seperti tumor otak. Mereka dibutuhkan bagi seseorang sedang mengidap penyakit, terutama sebagai tempat bersandar, Bun.

"Mereka pasti mengalami peningkatan rasa stres. Tapi jika mereka mendapatkan dukungan dari teman dan keluarga, semuanya akan terasa lebih baik." ujar Harold J. Burstein, MD, staff bagian Oncologist di Dana-Farber Cancer Institute

Dukungan Ibu dan Sahabat, Bantu Gugun Gondrong Pulih dari Tumor OtakPerayaan Ulang Tahun Gugun Gondrong/Foto: Insertlive
Melansir The Brain Tumour Charity, langkah awal yang bisa dilakukan keluarga dan teman untuk membantu pengidap tumor otak adalah dengan mengetahui seberapa pentingnya dukungan kita untuk mereka.

Di saat seperti itu, baiknya kita berhati-hati saat berbicara dengan mereka. Jangan sampai salah ucap, karena takutnya malah akan menurunkan semangat pengidap tumor otak.

Saat berhadapan dengan orang-orang yang mengalami sakit berat, sebaiknya hindari beberapa obrolan seperti di bawah ini, Bun.

1. Tahan diri agar tidak mengatakan 'Saya ngerti kok perasaan kamu'. Ucapan seperti ini cukup sensitif karena perasaan seseorang tidak bisa disamakan, Bun.

2. Hindari mengucapkan 'Jangan khawatir, kamu pasti baik-baik saja'. Kita biasanya kehabisan kata karena tidak mengerti atau takut salah bicara. Lebih baik ucapkan, '"'Ini memang berat, beritahu saya kalau kamu butuh bantuan'.

3. Jangan bilang kalau dia tidak terlihat seperti pengidap tumor. Lebih baik tanyakan kabarnya dan apa yang bisa kamu bantu untuknya

4. Banyak orang sering bilang 'Kamu itu menginspirasi' atau 'Kamu itu berani'. Tapi sebaiknya hindari bicara begitu, ya Bun. Mengidap penyakit bukanlah suatu hal atau tantangan yang mereka inginkan. Lebih baik yakinkan mereka dengan ucapan 'Saya akan selalu ada di sini untukmu'.

(ank/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi