moms-life

Dukungan Berarti Suami untuk Nina Zatulini Setelah Melahirkan

Amelia Sewaka Senin, 04 Feb 2019 11:03 WIB
Dukungan Berarti Suami untuk Nina Zatulini Setelah Melahirkan
Jakarta - Merawat bayi baru lahir pastinya bukan hal yang mudah, terutama buat sang ibu. Meski melahirkan yang kedua kali tetap saja Nina Zatulini merasa kelabakan.

"Ya tugasnya sendiri bagi-bagi, saya jam 12 ke atas tapi biar begitu kan tetap butuh ibunya," kata Chandra Tauphan Ansar, suami Nina.

Nina bilang, memang dia yang membangunkan sang suami jika harus menjaga si kecil di tengah malam. Nina merasa sangat bersyukur, karena ketika dibangunkan dan dimintai tolong ambil segala macam, sang suami mau bangun dan tidak marah-marah.


"Ya kan buatnya sama-sama," tambah Chandra.

Nah, Nina bilang dukungan penuh dari sang suami patinya berkontribusi pada ASI-nya yang ia rasa lebih banyak. Sampai-sampai, payudara Nina bengkak, Bun.

"Dari kemarin aku tuh panas dingin karena payudara bengkak karena banyak mengeluarkan ASI. Dibanding anak pertama yang susah keluar (ASI-nya), di anak kedua ASI lebih lancar malah cenderung banyak dan kadang bikin anak keselek. Aku berdoa yang sedang-sedang aja, dan tetap lancar ASI-nya karena mau nyusuin sesuai aturan sih, sampai anak 2 tahun," papar Nina Zatulini.
Dukungan Berarti Suami untuk Nina Zatulini Setelah MelahirkanFoto: Instagram/ Istimewa



Diakui Nina, meski sudah yang kedua kalinya melahirkan tapi tetap saja ia harus melakukan penyesuaian. Buat Nina, melahirkan yang ke berapapun, seorang ibu harus belajar lagi karena tiap anak pasti punya karakteristik berbeda.

"Pokoknya kalau lahiran lagi aku tuh merasa jadi ibu baru lagi buat anakku yang baru lahir. Meski udah dipikirin tuh awal-awal gimana penyelesaiannya, tetap aja harus ada yang dipelajarin lagi. Ya sempat canggung sih, urus anak baru lahir karena anakku Kenzie aja sekarang udah 2 tahun. Suamiku juga sempat takut gendong, apalagi ini anak perempuan. Memang beda banget waktu hamil anak cowok dan hamil anak cewek," ungkap Nina.

Salut ya sama pasangan ini, saling membahu dalam mengurus buah hati. Apalagi dengan suami yang bilang 'buatnya sama-sama', berarti urusnya juga harus sama-sama kan, Bun? He-he-he. Sehat selalu ya Bunda Nina, Ayah Chandra, Kenzie, dan Khanza.

Betul banget nih, Bun, karena 'bikinnya' berdua, mengasuh si kecil juga harus dilakukan suami dan istri. Termasuk menyusui, itu bukan cuma tanggung jawab ibu, tapi juga ayah. Ada cara seru lho yang bisa dilakukan ayah untuk mendukung busui alias ibu menyusui.

Berikut tips bagaimana mendukung sang istri yang sedang menyusui dengan cara yang seru dari Rahmat Hidayat, Founder ID_AyahASI. Yuk, simak bersama, Bun.
Dukungan Berarti Suami untuk Nina Zatulini Setelah MelahirkanFoto: Ismail/detikFoto



1. Menjadi cheerleader bagi istri

Menghibur istri dan bikin istri senang. Pokoknya apa yang istri mau, selama masih masuk akal, coba laksanakan ya para ayah. He-he-he.

2. Menjadi perawat yang cihuy

Merawat istri saat menyusui mulai dari membuatkan minum, beli makanan, sampai bantu mencuci peralatan menyusui bunda.

3. Menjadi 'Google'

Suami bisa cari informasi soal ASI dan menyusui. "Cowok itu kan sebenarnya punya banyak waktu, kita bisa cari aneh-aneh di Google, masa cari info soal ASI atau menyusui aja nggak bisa?" kata Rahmat.

4. Beri kejutan kecil-kecilan

Coba beri kejutan kecil pada istri. Misalnya saat anak lulus ASI eksklusif, suami bisa banget kasih hadiah ke istri. "Hal-hal kecil aja, nggak perlu yang sampai ber-merk atau mahal. Itu merepotkan," papar Rahmat.


(aml/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi