mom-life

Rayakan Imlek, Veronica Tan Sempatkan Masak hingga Cukur Rambut Anak

Asri Ediyati Rabu, 06 Feb 2019 17:36 WIB
Rayakan Imlek, Veronica Tan Sempatkan Masak hingga Cukur Rambut Anak
Jakarta - Veronica Tan sempat jadi perbincangan publik pasca Ahok keluar dari rumah tahanan. Tepat perayaan Imlek (5/2) kemarin, Veronica akhirnya muncul lagi meski lewat Instagram Stories anak-anaknya. Dilihat dari video, Veronica merayakan Imlek di rumah bersama anak-anaknya.

Terlihat dari video yang diunggah putranya, Nicholas Sean Purnama. Vero berpenampilan sederhana ala rumahan dengan rambut diikat. Ia fokus mencukur rambut Sean. Vero juga tersenyum ke arah kamera.

"Saya dipotongi rambut dengan my favorite barber. Hai mom," kata Sean.


Vero menyapa balik namun tetap fokus mencukur rambut. Selain itu, momen Veronica Tan saat merayakan Imlek di rumah juga diabadikan oleh putrinya, Nathania Purnama. Di video, Veronica memasak untuk ketiga anaknya.

Rayakan Imlek di Rumah, Veronica Tan Sempatkan Masak Hingga Cukur Rambut Anak Rayakan Imlek, Veronica Tan Sempatkan Masak Hingga Cukur Rambut Anak/ Foto: Screenshot IG Story Nicholas Sean Purnama

"Mystery meatball (bakso misterius)," tulis Nathania di foto.

Di foto berikutnya, Nathania merekam sang adik, Daud Albeneer yang sedang menyantap makanan yang tersaji di meja. Makanan itu terlihat seperti kuliner asal Korea Selatan mulai dari mi, kimchi hingga tteokbokki (kue beras).

"Chinese New Year dinner," tulis Nathania.


Rayakan Imlek, Veronica Tan Sempatkan Masak Hingga Cukur Rambut AnakRayakan Imlek, Veronica Tan Sempatkan Masak Hingga Cukur Rambut Anak/ Foto: Instagram suara_netizenid

Meski resmi bercerai, tapi Ahok dan Veronica tetap berkomitmen untuk merawat ketiga buah hatinya. Dalam kehidupan rumah tangga, kadang tidak selamanya bisa berjalan mulus. Ada beberapa pemahaman atau prinsip yang akhirnya membuat pasangan suami istri mengambil keputusan untuk berpisah atau bercerai. Jika percerian tidak bisa dihindari, maka anak pun ikut terkena dampaknya.

Menurut psikolog anak dan remaja, Ratih Zulhaqqi, dampak secara keseluruhan pada anak yang orang tuanya bercerai adalah menyadari bahwa perceraian merupakan hal yang tidak menyenangkan. Ada situasi kehilangan, karena nanti si anak akan tinggal dengan sang ibu saja atau tinggal dengan sang ayah saja.

"Dengan adanya hal seperti itu, jelas ada perasaan tidak senang pada anak. Jika anak berusia sekolah dasar sekitar kelas 3 hingga 6 mungkin mereka bisa diberi penjelasan agar paham situasi kedua orang tuanya," papar psikolog dari RaQQi Human Development and Learning Centre ini.

Namun dikatakan Ratih, jika anak tersebut masih duduk di kelas 1 atau 2 sekolah dasar, biasanya belum paham apa-apa. Mereka hanya tahu sebatas kehilangan figur ayah atau ibunya, jika tinggal dengan salah satu dari orang tuanya.

Hal lain yang ditekankan oleh Ratih, ketika suatu pasangan memilih bercerai, maka perlu menjelaskan pada anak situasi sebenarnya. Kita perlu menjelaskan pula bahwa bukan berarti orang tuanya menjadi musuh setelah bercerai.

(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi