mom-life

Bun, Tak Perlu Khawatir Bercinta Meski Sekamar dengan Bayi

Melly Febrida Kamis, 14 Feb 2019 15:00 WIB
Bun, Tak Perlu Khawatir Bercinta Meski Sekamar dengan Bayi
Jakarta - Pernah berada di situasi ini enggak, Bun? Saat lagi menemani bayi di kamar, tapi ingin 'ehem' alias bercinta dengan suami. Alhasil, galau karena berpikir 'Aman nggak ya? Mau pindah ke kamar lain khawatir si kecil nangis'.

Sebagian bunda mungkin khawatir kalau si kecil, meski masih bayi, melihat orang tuanya yang sedang memadu kasih. He-he-he. Terkait hal ini, pakar seks, Ian Kerner, Ph.D, menjelaskan bahwa pasangan suami istri (pasutri) boleh-boleh saja berhubungan intim dalam kondisi ada bayi di kamar tersebut.

Tapi, cobalah memastikan bayi berada dalam posisi aman di salah satu sisi tempat tidur atau di kasur bayi. Menurutnya, akan lebih baik kalau bayi sedang tidur agar Ayah dan Bunda tak terganggu.


"Saya tak melihat ada masalah. Seorang bayi belum mampu mengenali apa yang Anda lakukan. Tetapi, jika menyingkir sejenak dari si kecil membuat Anda merasa lebih nyaman, lakukan," kata penulis buku berjudul Sex Recharge ini, seperti dilansir Baby Center.


Kata Kerner, belum ada penelitian yang menunjukkan jika seorang bayi melihat orang tuanya melakukan adegan 'ehem' akan mengalami masalah psikologis. Bagi balita, ketika mandi bersama orang tua atau tak sengaja melihat ayah dan ibunya ganti baju, itu bisa jadi bentuk pendidikan seksual bagi mereka. Ya, anak bisa belajar anggota tubuh, Bun.

Secara umum, kata Kerner, saat anak sudah lebih besar, dia bisa saja penasaran dengan 'kegaduhan' yang terjadi saat Bunda dan Ayah sedang berhubungan intim, he-he-he.

Ilustrasi pasutri 'ehem'Ilustrasi pasutri 'ehem'/ Foto: iStock
Kerner bilang, memiliki kehidupan seks yang sehat sebenarnya membuat Ayah dan Bunda menjadi orang tua yang lebih bahagia. Kemudian, bisa jadi panutan yang positif untuk pelajaran anak-anak ketika berumah tangga kelak.

"Itu berarti Anda harus berusaha menjaga keharmonisan dalam rumah tangga termasuk untuk urusan ranjang. Saat anak sedang tidur, manfaatkan kesempatan yang ada," katanya.


Meski begitu, Bunda memang perlu berhati-hati ketika berhubungan intim dan kebetulan masih tidur sekamar dengan anak. Menurut psikolog klinis dan psikoterapis, Henny Wirawan, salah satu masalah kalau anak tidur sekamar dengan orang tuanya itu apabila tiba-tiba si anak terbangun saat orang tuanya sedang bercinta.

"Ini repot kalau sampai terjadi. Usahakan untuk mengantisipasi, sehingga tidak perlu diupayakan mengatasi. Kalau anak di bawah satu tahun barangkali masih aman, karena tidak banyak peduli dengan kondisi di sekitarnya," kata Henny, dikutip dari detikcom

Henny juga mengatakan, kalaupun anak bertanya, maka sebaiknya jawaban orang tua tidak perlu panjang lebar, apalagi untuk anak yang masih kecil.

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi