mom-life

Cerita Istri soal Kecemasan Enda 'Ungu' pada Anak Gadisnya

Muhayati Faridatun Kamis, 21 Feb 2019 08:51 WIB
Cerita Istri soal Kecemasan Enda 'Ungu' pada Anak Gadisnya
Jakarta - Setuju enggak, Bun, kalau punya anak perempuan itu lebih bikin was-was ketimbang anak laki-laki? Seperti dialami pasangan Enda 'Ungu' dan Eka Wilestari, yang memiliki tiga anak perempuan.

Apalagi, si anak sulung, Azahra Leola Wicuda yang akrab dengan penggilan Zara Leola, kini beranjak remaja. Bocah kelahiran 16 Agustus 2006 ini sudah duduk di kelas 1 SMP dan menapaki dunia musik sebagai penyanyi plus dancer.

Eka bercerita, Enda kadang 'kepo' soal apa saja yang dilakukan putrinya. Walaupun Zara cuma sibuk chat di grup WhatsApp, Enda selalu penasaran apa yang lagi dibahas sang anak bersama teman-teman sekolahnya.



"Aku bilang, Zara cuma bahas PR sekolah," kata Eka, saat berbincang eksklusif dengan HaiBunda.

"Kalau lagi ketawa-ketawa pas chat di grup, ayah suka tanya kenapa aku ketawa-ketawa sendiri," timpal Zara, yang mengaku kesal kalau privasinya diganggu sang ayah.

Wajar ya, Bunda, orang tua pasti cemas kalau anak perempuannya sudah menginjak masa remaja. Diakui Eka, sang suami lebih khawatir ketimbang dirinya.

"Ayahnya lebih deg-degan, kalau aku santai. Mungkin karena saudaranya cowok semua, jadi punya anak perempuan bikin dia deg-degan," tutur perempuan 35 tahun ini.

Enda 'Ungu' dan putri sulungnya, Zara Leola/ Enda 'Ungu' dan putri sulungnya, Zara Leola/ Foto: Asep Syaifullah
Tentu enggak ada salahnya ya, Bunda, kalau Enda 'Ungu' seakan over protective pada Zara. Sebagai orang tua, gitaris 42 tahun itu justru ingin menunjukkan perhatian untuk putri sulungnya. Ya, peran ayah bagi perkembangan anaknya itu penting lho, Bunda.

Melansir Parenting, kehadiran ayah memang sudah berpengaruh sejak sang anak lahir. Studi yang dilakukan Father Involvement Research Alliance menunjukkan, anak yang dekat dengan sang ayah akan merasa aman secara emosional dan percaya diri menghadapi lingkungan baru.


Para peneliti Universitas Brigham Young juga menemukan bahwa keterlibatan ayah dalam kegiatan anak sehari-hari, seperti bermain di halaman, menonton TV, atau makan malam bersama, akan berkontribusi pada perkembangan anak.

"Meskipun partisipasi dalam aktivitas besar keluarga dianggap penting dan dibutuhkan, keterlibatan ayah dalam kegiatan sehari-hari justru lebih berpengaruh," kata peneliti.

Penelitian tersebut juga membuktikan, para ayah dan anaknya yang beranjak remaja merasakan lebih banyak kepuasan dan lebih kompak, ketika sang ayah terlibat dalam kegiatan sehari-hari sang anak.

Nah, Bunda yang penasaran dengan obrolan seru Zara Leola dan Bunda Eka, langsung yuk simak video berikut.

[Gambas:Video 20detik]

(muf/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi