mom-life

Tips Memilih Kondom, Bunda dan Ayah Wajib Simak Nih

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 05 Mar 2019 14:01 WIB
Tips Memilih Kondom, Bunda dan Ayah Wajib Simak Nih
Jakarta - Kondom bisa jadi alat kontrasepsi yang simpel dan mudah didapat. Tak heran, cukup banyak pasangan suami istri menggunakan kondom. Nah, jika Bunda dan Ayah salah satunya, enggak ada salahnya menyimak tips memilih kondom dari ahlinya nih.

Disampaikan seksolog dr.Prima Progestian Sp.OG, dari RS Brawijaya, ada beberapa hal yang penting diperhatikan dalam memilih kondom agar dapat memaksimalkan momen bercinta Ayah dan Bunda. Kata Prima, pilih kondom yang memiliki standar kualitas internasional yang telah melalui uji klinis terkini. Dengan begitu, bisa dipastikan durabilitasnya sudah teruji.

"Lalu pilih kondom yang memiliki fitur yang dapat mempertahankan sensitivitas bagi organ intim," tutur Prima dalam rilis tertulis DKT yang diterima HaiBunda.


Jangan lupa ya Ayah dan Bunda, lihat juga kualitas lateks dan lubrikannya. Jika pemakaian menimbulkan reaksi alergi, segera hentikan dan kalau makin parah segera cek ke dokter. Dalam praktiknya, pastikan kondom kondom digunakan sesuai tata cara pemakaian.



Sebab, dikatakan Prima, sebagian besar kegagalan kondom disebabkan cara pakai yang tidak benar. Prima menekankan, peran suami pada keberhasilan KB sangat penting lho. Kalau Bunda dan Ayah hendak memakai kondom dengan variasi misalnya kondom bergerigi, kata Prima tak masalah kok.

Ilustrasi kondomIlustrasi kondom/ Foto: iStock
"Fitur gerigi pada kondom misalnya, bisa membantu pasangan mendapat pengalaman bercinta yang lain dari biasanya. Nah, bagi pria yang punya kecenderungan ejakulasi dini, kondom dapat membantu meningkatkan performa bercinta jadi lebih tahan lama," papar Prima.

Bila Bunda dan Ayah memilih alat kontrasepsi kondom, penyimpanannya juga mesti diperhatikan ya. Seksolog dr.Andri Wanananda, MS, bilang supaya tak cepat rusak, kondom harus disimpan dengan benar, jangan asal ditaruh begitu saja. Suhu penyimpanannya pun harus tepat.



Terkait berapa suhu yang dianjurkan untuk menyimpan kondom, mudah saja sebab biasanya akan tertera di kemasan kondom tersebut harus disimpan di suhu ruangan tertentu. Selain itu, hindari menyimpan kondom di tempat yang terkena sinar matahari.

"Jangan pula kondom asal ditaruh begitu saja. Kebiasaan seperti itu akan membuat kondom rentan rusak. Sebaliknya, kalau penyimpanannya sudah benar pasti kondom bisa awet sampai tiba masa kedaluwarsanya," kata Andri dikutip dari detikcom.

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi