sign up SIGN UP search


moms-life

Berhubungan Seks Setelah Pasang IUD, Apa yang Perlu Diperhatikan?

Kinan Selasa, 23 Nov 2021 22:25 WIB
ilustrasi pasangan Foto: iStock

IUD atau intrauterine device merupakan salah satu alat kontrasepsi yang efektif. Nah, sering dikhawatirkan hubungan seks saat memakai IUD dapat membuatnya 'bergeser'.

Jadi, apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan saat hendak berhubungan seks dengan menggunakan IUD? Akankah keberadaan IUD mengganggu keintiman pasutri?

Dikutip dari Healthline, Bunda sebenarnya tidak perlu khawatir berlebihan. IUD sudah dirancang sedemikian rupa agar aman dan tidak mengganggu keintiman hubungan seks.


Jika dipakaikan dengan benar, pasutri seharusnya tidak merasakan keberadaan IUD saat berhubungan seks. Sebab selain ukurannya sangat kecil, perangkat ini terletak di dalam rahim.

Namun apabila Bunda atau suami merasakan ada yang tak nyaman dengan IUD saat berhubungan intim, jangan tunda untuk segera cek ke dokter kandungan.

Banner Wanita Pontianak Nikahi Bule

Apakah benang IUD dapat dirasakan saat berhubungan seks?

Ada kemungkinan suami dapat merasakan keberadaan benang IUD, namun seharusnya ini tidak menyebabkan rasa sakit karena sangat tipis. Beberapa bukti menyebutkan meski tak memicu rasa sakit, benang IUD tetap berisiko membuat suami tidak nyaman. 

Diskusikan kembali dengan suami, serta dokter, tentang keberadaan benang IUD ini ya, Bunda. Ingat, jangan sembarangan menarik apalagi menggunting benang ini sendiri.

Mungkinkah IUD lepas saat berhubungan seks?

Dilansir Self, dokter kebidanan dan kandungan Weill Cornell Medicine di New York, Jacques Moritz, MD menuturkan bahwa ia belum pernah mendengar adanya kasus IUD lepas akibat hubungan seks.

Dokter kandungan lainnya dari Yale Medical School, Mary Jane Minkin, MD, juga menyebutkan hal serupa. Menurutnya, penetrasi saat seks tidak dapat membuat IUD lepas begitu saja. Lantas bagaimana jika dilakukan fingering? 

"Benang IUD sangat tipis, tidak mudah bergeser karena jari. Jika memang benangnya teraba, tidak mudah meraihnya karena lingkungan sekitarnya licin, terutama dengan adanya cairan vagina yang sedang banyak,” imbuh Minkin.

Ia menjelaskan bahwa dokter kandungan memerlukan penggunaan alat penjepit khusus untuk menarik benang dan mengeluarkan IUD. Maka dari itu, perubahan posisi IUD karena jari kemungkinan besar tidak bisa terjadi dengan mudah.

Rutin morning seks ternyata bermanfaat, simak video ini Bun:

[Gambas:Video Haibunda]



KAPAN PERLU PERIKSA KE DOKTER?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!