moms-life

Cara Happy Salma Seimbangkan Urusan Kerjaan dan Urus Anak

Annisa Karnesyia Kamis, 14 Mar 2019 20:02 WIB
Cara Happy Salma Seimbangkan Urusan Kerjaan dan Urus Anak
Jakarta - Untuk masalah mengurus anak, setiap ibu bekerja pasti punya trik sendiri agar bisa menyeimbangkannya ya, Bun. Begitu pula dengan Happy Salma. Apa sih trik yang diterapkan Happy agar urusan kerjaan dan anak seimbang?

Seperti diketahui, kini Happy Salma tengah disibukkan dengan pekerjaan barunya sebagai produser pertunjukan musikalisasi puisi berjudul Cinta Tak Pernah Sederhana di Jakarta. Happy pun saat ini menetap di Bali sejak menikah dengan Tjokorda Bagus Dwi Santana Kerthyasa.

"Sebelum saya bekerja beberapa hari yang lalu, ketika sama anak-anak sebisa mungkin fokus sama mereka. Saya juga menbagi tugas dengan suami saya," kata Happy, dikutip dari InsertLive.


Ibu dari Tjokorda Sri Kinandari Kerthyasa dan Tjokorda Ngurah Rayidaru Kerthyasa ini mengaku sang suami adalah tipe suami siaga dan pengertian. Jika dirinya sibuk, suami yang akan mengurus kedua buah hatinya, begitu pula sebaliknya.

Membagi waktu dengan keluarga memang bukan urusan yang mudah bagi Happy, tapi dia bersyukur memiliki tim yang solid dan kompak membantunya. Meski mengaku lelah, wanita 39 tahun itu sadar betul pentingnya menjaga kondisi tubuh dan tidak memaksakan diri untuk bekerja.

"Sempat tiba-tiba saya kecapekan dan sakit. Saya nyesel dan enggak mau lagi begitu. Jadi, sebisa mungkin walaupun sibuk tau dirilah untuk istirahat. Ini kebetulan semenjak melahirkan banyak tugas-tugas yang sudah kepalang harus dijalani," ujar Happy.

Rencananya, setelah pertunjukan yang diproduserinya selesai, Happy akan beristirahat dan menghabiskan waktu dengan keluarga sampai akhir tahun.


Berbicara tentang ibu bekerja yang harus membagi waktu dengan keluarga, Jane Greer, Ph.D, terapis pernikahan dan keluarga mengatakan, tidak ada solusi untuk semua wanita bekerja. Masing-masing wanita pastinya punya caranya sendiri untuk menyeimbangkannya.

"Yang perlu ibu bekerja pahami adalah tidak perlu menghabiskan waktu sepanjang hari dengan anak, tapi yang penting adalah kualitas waktu bersama anak, bukan kuantitas," kata Greer, dilansir Psychology Today.

Greer menambahkan, lebih baik punya waktu berkualitas bersama anak-anak meskipun hanya satu atau dua jam sebelum berangkat bekerja, dibanding bersama anak sepanjang hari tapi tidak fokus pada mereka. Cara paling mudah, Bunda bisa luangkan waktu sepulang kerja untuk membacakan dongeng atau menyiapkan sarapan sebelum bekerja.

Dikutip dari Working Mother, Brandon Miller, Ph.D, asisten profesor komunikasi di Universitas Massachusetts-Boston mengatakan, butuh bantuan suami dalam mengurus anak saat istri bekerja. Pada dasarnya banyak anggapan jika hanya wanita yang bisa menyelesaikan urusan rumah tangga terutama mengurus anak.

"Bukannya suami tidak bisa melakukan hal-hal terkait mengurus rumah tangga atau menjaga anak, tapi kebanyakan pria tidak memiliki naluri untuk melakukannya," ujar Miller.

Nah, tugas Bunda yang bekerja adalah membantu suami dengan mendorong dan memberi pengertian pada mereka untuk mulai membantu hal-hal terkait mengurus anak. Tapi, sebelum Bunda mulai bekerja buat kesepakatan dulu dengan suami dan keluarga yang bisa membantu ya.


[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi