mom-life

Putri Ayuningtyas, Ibu Perhatian yang Jadi Moderator Debat Cawapres

Annisa Karnesyia Minggu, 17 Mar 2019 14:30 WIB
Putri Ayuningtyas, Ibu Perhatian yang Jadi Moderator Debat Cawapres
Jakarta - Bila Bunda sering menonton berita di televisi, sosok yang satu ini pasti sudah tidak asing ya? Adalah Putri Ayuningtyas, news anchor CNN Indonesia TV yang juga terpilih sebagai moderator debat cawapres di Pilpres 2019.

Sebelum berprofesi sebagai news anchor, Putri mengawali kariernya sebagai jurnalis di Metro TV pada 2008. Wanita kelahiran Denpasar, Bali ini tidak pernah membayangkan bakal jadi jurnalis karena latar belakang pendidikannya adalah Teknik Industri.

Meski begitu, sejak duduk di bangku kuliah, Putri sudah mulai bekerja paruh waktu sebagai presenter televisi lokal di Yogyakarta.

"Jadi saya tidak pernah terpikir menjadi jurnalis, tapi ketika kuliah, saya siaran part time di Jogja TV. Pagi saya siaran dulu, setelah itu kuliah," ujar Putri, dikutip dari detikcom.

"Terus saya ikut open casting salah satu stasiun TV swasta di Indonesia di UGM. Saya dites kemudian diterima. Untungnya saat itu saya sudah selesai kuliahnya jadi sudah bisa langsung lanjut kerja," sambung Putri.

Putri lalu mengawali kariernya dengan bekerja sebagai wartawan cetak di Media Indonesia. Setelah enam bulan, lulusan Teknik Industri Universitas Atma Jaya, Yogyakarta ini kemudian ditempatkan di posisi reporter.

Lahir dan besar di Bali, Putri mengaku tidak tahu banyak soal Jakarta. Wanita kelahiran 9 Juni 1984 ini menceritakan perjuangannya merantau ke Jakarta untuk meniti karier menjadi wartawan media cetak sampai akhirnya menjadi reporter TV.

"Jadi saya turun ke lapangan untuk cari informasi sendiri. Saat jadi jurnalis cetak itu saya naik turun angkot lalu sambung ke bus kota atau TransJakarta, belum ada ojek online. Tapi dari situ saya akhirnya belajar tentang jalan di Ibukota," tutur Putri.

Putri Ayuningtyas news anchor CNN Indonesia TelevisiPutri Ayuningtyas news anchor CNN Indonesia Televisi/ Foto: Instagram @putrgrimaldy



Dalam wawancara eksklusif bersama HaiBunda, Putri kembali menceritakan kesulitan dan perjuangannya saat pertama kali tinggal di Jakarta.

"Saya kaget waktu ke Jakarta, karena main ke sini itu jarang. Kalau dulu waktu di Bali dan Yogyakarta biasanya saya kemana-mana pakai kendaraan pribadi, di Jakarta saya harus serba mandiri. Belum lagi saat itu teman saya hanya di lingkungan kerja. Tapi syukurlah, secara perlahan saya mulai menambah jaringan," lanjut Putri.

Saat ini Putri bekerja di CNN Indonesia Televisi sejak 2015. Beberapa program yang dipandunya adalah CNN Indonesia News Report dan CNN Indonesia News Room. Dalam program CNN Indonesia Prime News, Putri banyak membahas isu politik, hukum, keamanan, dan isu lain yang terjadi di Indonesia.

Mengenai terpilihnya dia menjadi moderator debat cawapres 2019, Putri cukup tidak menyangka dan berpikir akan terpilih. Apalagi dirinya membawakan acara yang mengkritisi kedua calon kandidat presiden dan wakil presiden.

"Ini teman-teman yang mengusulkan terus dirapatkan. Saya tidak berpikir akan terpilih. Selama belum ada keputusan dari KPU, saya juga bekerja seperti biasa. Alhamdulillah terpilih artinya ini amanah dari negara," ujar Putri.

Dipasangkan dengan Alfito Deannova sebagai moderator, perasaan Putri sangat senang. Ini karena Putri menganggap Alfito sebagai senior yang dia kenal karena bekerja di tempat yang sama.

"Saya sudah nonton dia dari zaman saya masih jadi reporter. I always look after him, dia itu panutan buat saya. Ketika dia terpilih jadi moderator juga, saya merasa nyaman dan enak karena hampir setiap hari kita ketemu," tutur Putri.


Klik halaman berikutnya untuk kenal lebih jauh lagi dengan sosok Putri Ayuningtyas sebagai ibu dan istri di keluarga ya, Bunda. (ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi