moms-life

Retno Pinasti, Sosok Istri yang Suka Traveling Bareng Suami

Annisa Karnesyia Minggu, 31 Mar 2019 08:00 WIB
Retno Pinasti, Sosok Istri yang Suka Traveling Bareng Suami
Jakarta - Nama Retno Pinasti sedang jadi perbincangan baru-baru ini, Bun. Bukan tanpa alasan, wanita asli Yogyakarta ini telah ditetapkan oleh KPU sebagai salah satu moderator debat keempat Pemilihan Presiden 2019 Retno mengaku dirinya tidak menyangka akan terpilih dan dipercaya memandu acara sepenting itu.

Terpilihnya Retno Pinasti menjadi salah satu moderator keempat debat pilpres 2019 bukan tanpa alasan, Bun. Wanita kelahiran Yogyakarta 43 tahun silam ini memulai karier di dunia jurnalistik dari nol sejak di bangku kuliah sekitar 19 tahun yang lalu.

Dari dunia jurnalistik ini, Retno tidak hanya sukses berkarier tapi juga bertemu dengan jodohnya. Menikah sekitar tiga tahun lalu, awal pertemuan dia dan sang suami tergolong unik dan tidak disangka-sangka.


"Saya pertama ketemu dia (suami) di Amerika, dia ternyata orang Yogyakarta juga. Waktu itu saya kerja di Voice of America di Washington DC dan dia lagi kuliah di Harvard. Kita sama-sama perantau dan dipertemukan di sana," cerita Retno pada HaiBunda baru-baru ini.

Retno PinastiRetno Pinasti/ Foto: Instagram @retnopinasti

Meski kini keduanya sudah menetap di Indonesia dan disibukkan dengan pekerjaan masing-masing, Retno selalu berusaha membagi waktu dengan sang suami. Baginya yang terpenting adalah komunikasi dan menyediakan waktu untuk selalu bersama.

"Kita berdua asyik-asyik saja, yang penting itu komunikasi dan sering ngobrol. Misalnya kalau istirahat siang saya ada waktu, saya lunch bareng suami. Meskipun saya pulang malam, saya pastikan selalu ketemu dia. Kalau pagi juga masih sempat kok sarapan bareng," ujar Retno.

Untuk menyediakan quality time bersama, Retno dan suami tetap berusaha menyediakan waktu kosong untuk jalan-jalan berdua dengan suami. Bahkan, tak jarang mereka sudah merencanakannya jauh-jauh hari.

"Di waktu kosong, kita juga suka jalan-jalan dan kulineran. Yah, minimal dua kali setahun kita sering merencanakan untuk jalan-jalan yang jauh. Kalau weekend kita juga suka escape naik kereta misalnya ke Bandung, Purwekerto, atau Bayuwangi," lanjutnya.


Menghabiskan waktu dengan pasangan di saat keduanya sibuk seperti Retno dan suami memang penting untuk menjaga keharmonisan pernikahan, Bun. Menurut psikolog dari Amerika, Lou Primavera Ph.D, salah satu hal penting dalam kunci suksesnya pernikahan adalah waktu yang dihabiskan bersama pasangan.

"Berbagi pengalaman akan menciptakan sebuah kenyamanan dan mendekatkan pasangan," ujar Primavera, dilansir Psychology Today.

Menurut Primavera, penting memang menghabiskan banyak waktu bersama pasangan, tapi yang jauh lebih penting adalah bagaimana waktu itu digunakan. Salah satu kuncinya adalah membagi pengalaman positif dan menghabiskan waktu dengan melakukan sesuatu yang menyenangkan.

"Komitmen juga dibutuhkan dalam menghabiskan waktu bersama. Jika kedua pasangan memiliki pendapat yang sama, maka lama waktu yang dihabiskan untuk quality time tidak terlalu penting lagi," tutup Primavera.


[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi