mom-life

Cara Enno Lerian Jaga Hubungan dengan Keluarga Mantan Suami

Muhayati Faridatun Minggu, 24 Mar 2019 17:35 WIB
Cara Enno Lerian Jaga Hubungan dengan Keluarga Mantan Suami
Jakarta - Bagi Enno Lerian, keluarga adalah nomor satu. Ia merasa begitu pentingnya sebuah keluarga dalam hidupnya. Alasan itu membuat Enno selalu menjaga hubungannya dengan mantan suaminya, Nayaka Untara, dan keluarganya.

"Bagaimana pun saat kita terpuruk, orang yang pertama itu keluarga. Selain itu aku selalu menjaga hubungan dengan suami sekarang makin erat, ingin jadi orang tua yang bisa menjadi tempat paling nyaman untuk anak-anak," kata Enno Lerian, saat Intimate Interview dengan HaiBunda, baru-baru ini.

Bunda empat anak ini ingin menjaga keutuhan keluarganya walau pernah berpisah. Ia berharap, kelak anak-anaknya dewasa akan selalu rindu orang tuanya, selalu pulang ke rumah.


Enno pun menceritakan cara dia menjaga hubungan dengan mantan suaminya, pun keluarganya. Ia mengungkap cara yang paling ampuh adalah berdamai dengan diri sendiri.

"Karena bagaimana pun yang aku rasakan sekarang itu kenapa kami, aku dan Naya, hubungannya sangat dekat. Bahkan, kami bisa membawa pasangan masing-masing ke depan anak kami. Itu salah satunya karena kami harus berdamai dengan konflik tersebut," ujarnya.

Cara Enno Lerian Jaga Hubungan dengan Keluarga Mantan SuamiCara Enno Lerian Jaga Hubungan dengan Keluarga Mantan Suami/ Foto: Instagram

Enno mengaku, dia lah yang waktu itu ingin mengakhiri hubungannya dengan Naya. Akan tetapi, begitu perceraian selesai, Enno dan mantan suami saling memiliki komitmen bahwa tak akan ada konflik lanjutan.

"Bagaimana caranya menghapus ingatan (perceraian)? Harus berdamai dengan diri sendiri. Jujur, apa yang aku dan Naya alami itu tidak dialami suamiku dan mantan istrinya. Jadi memang, kalau kita menjauh dengan konflik," sambungnya.

Kata Enno, terkadang orang tua berpisah malah anak yang dikorbankan. Supaya anak enggak jadi korban, orang tua lah yang berupaya agar konflik perpisahan enggak berlanjut.

Cara Enno Lerian Jaga Hubungan dengan Keluarga Mantan SuamiCara Enno Lerian Jaga Hubungan dengan Keluarga Mantan Suami/ Foto: Instagram
"Enggak usah rebutan waktu hak asuh, enggak jelek-jelekin masing-masing. Ternyata dengan melakukan itu, aku jadi enggak sulit bangkit dari keterpurukan, enggak sulit menghapus masa lalu. Karena kehidupan itu dijalani aja, jangan terlalu memusingkan sesusatu yang enggak penting," kata Enno.

Enno sangat bersyukur hubungan dengan mantan suaminya baik-baik aja. Enno dan keluarga juga beberapa kali pernah jalan bareng mantan suami, membahas tentang Bumi anak mereka. Bahkan, Enno dengan istrinya Naya dekat banget, Bun.

"Enak banget lah hidup tanpa konflik," tutup Enno Lerian.

Setelah bercerai memang sebaiknya orang tua menjaga hubungan baik mereka. Ini demi kepentingan anak, sehingga mereka tetap merasa disayangi, demikian disampaikan psikolog anak Alzena Masykouri. Kata wanita yang akrab disapa Zena ini, orang tua juga harus memahami bahwa perceraian berlaku untuk hubungan suami istri saja, bukan orang tua dengan anak.

"Mereka tetap harus mengingat bahwa mereka memiliki anak yang perlu diberikan dukungan," kata Zena dalam wawancara dengan detikcom.

Termasuk ketika ayah atau ibu ingin berhubungan lagi dengan orang lain, baiknya perkenalkan ke anak siapa calon ayah atau ibu tirinya. Kemudian, akan lebih baik lagi jika hubungan mantan suami istri dengan pasangan baru kita baik-baik saja. Ya, bisa dibilang anak jadi punya empat orang tua. Tapi, itu bisa membangun support system yang baik untuk anak, Bun.



Bunda, simak juga penuturan Enno Lerian selengkapnya dalam video berikut:

[Gambas:Video 20detik]

(aci/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi