mom-life

Suka Duka Enno Lerian Urus 3 Anak Balita Tanpa Pengasuh

Muhayati Faridatun Sabtu, 23 Mar 2019 12:26 WIB
Suka Duka Enno Lerian Urus 3 Anak Balita Tanpa Pengasuh
Jakarta - Saat suami istri sama-sama bekerja ditambah memiliki tiga anak dengan beda usia enggak terpaut jauh, biasanya akan digunakan jasa pengasuh. Namun, hal ini tak dilakukan mantan penyanyi cilik Enno Lerian dan suaminya, Priambodo Soesetyo.

Sejak satu tahun lalu, anak pertama Enno dari pernikahan sebelumnya, Bumi (15) tinggal bersama sang ayah di Bandung. Jadilah kini Enno dan suami tinggal bersama tiga anaknya yang masih balita yakni Abimanyu Praja Soesetyo (5) atau Abi, Nararya Aliy Soesetyo (2) atau Aliy, dan Gema Tyaga Soesetyo (1) atau Aga.

Kenapa enggak pakai pengasuh? Kata Enno karena dia tidak percaya dan sudah berkomitmen bersama sang suami untuk mengurus anak sendiri. Ditambah, Enno adalah tipe orang yang khawatir berlebihan, Bun. Makanya, dia memilih mengurangi pemicu rasa khawatirnya dengan mengurus si kecil sendiri.



"Kita kan enggak akan pernah tau. Ibaratnya kita orang tuanya sendiri aja suka lalai kadang urus anak. Apalagi orang lain," ujar Enno Lerian dalam intimate interview bersama HaiBunda.

Enno Lerian dan ketiga anaknyaEnno Lerian dan ketiga anaknya/ Foto: Instagram @ennolerian_
Maka dari itu, ketika Enno dan suami bekerja, mereka lebih memilih menitipkan Aliy dan Aga ke daycare. Enno mengaku lebih tenang menitipkan buah hatinya di daycare karena daycare adalah sebuah instansi yang jelas jika diminta pertanggungjawaban. Kemudian, kegiatan di daycare pastinya lebih terstruktur. Meskipun, Enno tak menampik awalnya sulit juga meninggalkan si kecil sementara dirinya bekerja.

Selain itu, seperti kita tahu anak enggak sekadar dititipkan kan, Bun, di daycare? Ya, soalnya anak-anak juga diajari berbagai keterampilan. Karena sudah berkomitmen mengurus anak di rumah tanpa pengasuh, Enno dan Priambodo memang bekerja sama untuk merawat si kecil. Mereka pun bagi-bagi tugas.



Makanya, bagi Enno peran suaminya penting banget. Nah, tinggal dengan tiga anak balita pastinya menimbulkan kehebohan di rumah. Mulai dari anak saling cemburu, berantem karena rebutan mainan, saling teriak, sampai nangis. Supaya enggak stres, kata Enno kuncinya adalah menikmati dan menerima.

"Aku sama suami juga berusaha menurunkan ekspektasi terhadap anak. Pokoknya gimana kita sebagai orang tua nyaman, anak juga nyaman," ujar wanita 35 tahun ini.

Dalam keseharian, biasanya Enno menghabiskan waktu di luar rumah sekitar 6 - 7 jam. Karena pekerjaan dia dan suaminya cukup fleksibel, mereka pun cukup banyak menghabiskan waktu bersama buah hatinya. Soal quality time, diakui Enno itu mudah dia dan keluarganya dapatkan.

"Kalau quality time berdua suami paling pas di jalan pulang kerja berdua. Kadang bikin rekreasi berdua, staycation. Nginep di mana gitu, anak di rumah mama, sehari aja," kata Enno.

Hmm, kalau mendengar cerita Enno Lerian, sepertinya dia enjoy aja nih, Bun, menjalani keseharian dengan tiga anak balita dilengkapi berbagai drama yang bisa terjadi. Memang, gimana ya cara Enno berbagi tugas dengan suami?

Lalu, sebagai ibu bekerja, pernahkah Enno merasa jenuh? Nah, ketika tiga jagoan kecilnya berantem, apa trik ibu empat anak ini mengatasinya? Simak obrolan lengkap Enno bersama HaiBunda di video berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi