sign up SIGN UP search


moms-life

4 Mitos dan Fakta Alat Kontrasepsi yang Perlu Bunda Tahu

SIti Hafadzoh   |   Haibunda Jumat, 28 Sep 2018 09:08 WIB
Pil dan Suntik KB bikin gemuk dan rahim kering? Benar nggak ya? Simak mitos dan fakta alat kontrasepsi berikut ini ya, Bun. caption
Jakarta - Berbagai mitos dan fakta alat kontrasepsi sering bermunculan di masyarakat. Nggak pelak, Bunda dan suami bisa dibuat bingung karenanya.

Untuk itu, penting banget buat Bunda apalagi yang hendak memakai alat kontrasepsi untuk menyimak mitos dan fakta alat kotrasepsi yang sampai sekarang masih sering beredar berikut ini:

1. Pil KB dan Suntik KB Bikin Rahim Kering


Pil KB dan suntik KB yang disebut bikin rahim kering nyatanya mitos, Bun. Menurut dr Uf Bagazi, Sp.OG, dokter spesialis kandungan di Brawijaya Hospital, seluruh alat kontrasepsi sudah diuji secara klinis. Hasilnya, alat kontrasepsi aman saja kok digunakan.

2. Harus Menunggu Beberapa Lama Untuk Masa Subur

Saat pemakaian pil KB yang mengandung estrogen dan progesteron serta Intrauterine Device (IUD) berhenti, wanita bisa aja kok langsung hamil. Asalkan dia sedang berada di masa subur dan memang kualitas sperma suami baik ya. Tapi, kata dr Uf bagi pengguna alat kontrasepsi suntik KB memang butuh waktu 3-6 bulan untuk mencoba program hamil.

"Pil hampir tidak pernah ada pengaruhnya terhadap kesuburan. Dan untuk suntik, hanya yang progesteron, jadi yang disuntik 3 bulanan, itu yang perlu waktu 3-6 bulan," kata dr Uf.



Ilustrasi mitos dan fakta alat kontrasepsiIlustrasi mitos dan fakta alat kontrasepsi/ Foto: thinkstock
3. Minum Pil KB Bisa Mengatasi Wajah Berjerawat

Kabar baiknya, yang satu ini bukan cuma mitos lho, Bun. Tapi, bukan berarti ini solusi untuk menghilangkan jerawat. Lihat dulu apa permasalahannya. Jika menurut analisis dokter kulit permasalahannya terdapat pada keseimbangan hormon seperti polikistik ovarium, pil KB bisa jadi salah satu solusi untuk menyeimbangkan hormon tersebut.

"Dengan metode yang baru, hormonnya itu diatur sedemikian rupa sehingga dia akan memperbaiki kulit. Dengan kemajuan zaman, dan penelitian, maka alat kontrasepsi bisa berubah. Dari komposisi tadinya dia dosis estrogennya agak tinggi, terus kemudian lebih turun dan lebih turun lagi. Sehingga, efeknya ke kulit malah lebih baik. Pengaturan dari pembagian hormon tadi," jelas dr Uf dalam acara 'Hari Kontrasepsi Sedunia' di Kembang Goela, Semanggi, Jakarta, baru-baru ini.

Mitos dan fakta alat kontrasepsiMitos dan fakta alat kontrasepsi/ Foto: Dok. Getty Images
4. Pil dan Suntik KB Bikin Gemuk

Tenang saja, Bun. Ini cuma mitos alat kontrasepsi kok. Faktanya, pil dan obat suntik KB tidak mengandung zat yang memengaruhi nafsu makan. Kegemukan terjadi karena pola makan ibu yang tidak terkontrol. Pada suntik KB memang ada retensi cairan. Tapi ini tidak menyebabkan kenaikan berat badan yang signifikan ya, Bun.

"Untuk mengatasi mitos ini salah satu cara yang dilakukan adalah dengan memberikan contoh secara langsung, misalnya diperlihatkan ibu-ibu yang minum pil tidak gemuk, dan yang suntik KB juga tidak gemuk," tutur Dr Harni Koesno, MKM dari Ikatan Bidan Indonesia (IBI) kepada detikcom beberapa waktu lalu.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!