mom-life

Tips Keluarga Nola B3 Jaga Kekompakan di Tengah Kesibukan

Annisa Karnesyia Jumat, 12 Apr 2019 17:01 WIB
Tips Keluarga Nola B3 Jaga Kekompakan di Tengah Kesibukan
Jakarta - Kekompakan keluarga penyanyi Nola B3 memang jarang terekspos media, Bun. Tapi keluarga ini sering memperlihatkan kekompakan mereka di akun Youtube keluarganya, D'Baldys.

Rahasia kekompakan keluarga Nola tidak lepas dari waktu berkualitas yang dihabiskan bersama ketiga anaknya, Naura (13), Bevan (12), dan Neona (9). Sang suami, Baldy Mulya Putra juga jadi sosok suami dan ayah yang selalu menyediakan waktu bersama di tengah kesibukannya.

"Bagi saya sebagai orang tua yang anak-anaknya masih aktif sekolah, sebisa mungkin kita selalu meluangkan waktu bersama-sama apapun kegiatannya," kata Baldy, dalam acara Press Conference ICEFEST 2019 di ICE BSD, Tangerang baru-baru ini.

Meski dia dan Nola tidak memiliki jadwal atau kegiatan, sebagai orang tua keduanya selalu menyiapkan waktu khusus untuk bersama anak-anak. Menurutnya, inilah kunci kekompakan keluarga mereka.

"Mau ada kegiatan atau tidak, kita selalu habiskan waktu bersama. Contohnya baru-baru ini Nola dan Naura tiga minggu harus ke Yogyakarta, dan saya di Jakarta bersama dua anak yang sekolah. Tiap weekend kita pergi ke Yogyakarta untuk menemui Nola dan Naura. Kita spare waktu sama-sama," ujar Baldy.
Baldy dan NeonaBaldy dan si bungsu Neona/ Foto: HaiBunda


Dalam melakukan quality time, durasi sebenarnya enggak terlalu penting, Bun. Menurut psikolog anak dan keluarga Roslina Verauli yang akrab disapa Vera, komponen lain yang membuat quality time benar-benar berkualitas adalah pola pengasuhan ketika bersama anak atau parenting behavior.

"Parenting behavior adalah perilaku kita saat melakukan pengasuhan pada anak. Nah parenting behavior-nya mesti di level playing field yaitu ciptakan suasana yang akrab, hangat, dan komunikasi dua arah," kata Vera, dikutip dari detikcom.

Dilansir Being the Parents, bagi orang tua yang sibuk, menghabiskan waktu bersama anak dapat membuat mereka merasa dilindungi. Banyak pelajaran yang bisa didapat anak dengan menghabiskan waktu bersama orang tua. Anak akan belajar berempati, menghargai waktu, dan mengerti orang tuanya.

Mengajak main anak tidak melulu ke mal, Bun. Dengan bermain di rumah saja sudah bisa membangun waktu yang berkualitas dan berkuantitas kok. Nah, ada 5 kegiatan untuk Ayah dan Bunda lakukan di akhir pekan bersama si kecil.

1. Rencanakan bermain seru di malam hari

Anak cenderung lelah sepulang sekolah. Coba ajak mereka mewarnai atau membuat kerajinan tangan sederhana dan mudah di malam hari.

2. Berkebun

Menghabiskan waktu bareng anak melalui berkebun juga bisa membangun kedekatan dan mengajarkan anak untuk mencintai tumbuhan. Kegiatan ini bisa dilakukan setiap minggu dengan melihat perkembangan tanaman-tanaman yang diperlihara.

3. Membuat video keluarga

Seperti keluarga Nola B3, Bunda bisa mengabadikan waktu berkualitas dengan membuat video bersama si kecil. Bila terlalu sulit, Bunda dan keluarga bisa membuat video 'dubsmash'. Selain menyenangkan, anak bisa belajar menjadi sutradara juga lho.

4. Memasak bersama

Jika bingung weekend berkualitas mau diisi dengan kegiatan apa, Bunda bisa ajak si kecil memasak bersama. Tidak perlu membuat makanan yang sulit. Salad buah, smoothies atau kue bisa jadi resep yang cocok diolah bersama si kecil. Dengan cara ini, Bunda bisa membangun kedekatan dan mengisi waktu bersama anak dengan kegiatan berkualitas.

5. Bermain bersama teman anak-anak di rumah

Bunda pasti sering merasa khawatir jika si kecil bermain bersama teman di luar rumah kan? Nah, agar pengawasan dan waktu berkualitas dengan anak bermanfaat, Bunda bisa mengundang teman-teman si kecil ke rumah untuk bermain bersama.


[Gambas:Video 20detik]



(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi