mom-life

4 Bahan Alami Penghilang Luka Bekas Jerawat

Zika Zakiya Kamis, 25 Apr 2019 08:02 WIB
4 Bahan Alami Penghilang Luka Bekas Jerawat
Jakarta - Cara menghilangkan bekas jerawat tidak selalu harus dengan obat-obatan mahal kok, Bunda. Dengan bahan rumahan pun luka yang disebabkan oleh gabungan pori-pori kulit, minyak berlebih, sel kulit mati, dan bakteri itu bisa diatasi.

Dilansir Medical News Today, paling tidak ada empat bahan rumahan yang bisa Bunda gunakan sebagai penumpas luka bekas jerawat. Bahan-bahan tersebut antara lain:


1. Minyak kelapa


Minyak kelapa sudah lama dikenal sebagai obat alami untuk berbagai masalah kesehatan. Mulai dari untuk mengkilapkan dan menyehatkan rambut, hingga menyehatkan kulit.

Ilustrasi minyak kelapaFoto: Istock
Ilustrasi minyak kelapa

Dalam jurnal berjudul Natural Oils for Skin-Barrier Repair: Ancient Compounds Now Backed by Modern Science disebutkan bahwa minyak kelapa termasuk dalam minyak alami yang memiliki sifat anti-mikroba, anti-oksidan, anti-inflamasi, dan anti-gatal. Inilah yang membuat minyak kelapa efektif sebagai perawatan yang terkait dengan gangguan kulit.

2. Lidah buaya

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Las Palmas de Gran Canaria, Spanyol, menyimpulkan bahwa bunga dan daun lidah buaya mengandung anti-oksidan. Kandungan ini terutama ada di ekstrak kulit daun.


"Ekstrak Aloe vera dari kulit daun dan bunga dapat dianggap sebagai sumber antioksidan alami yang baik," demikian hasil penelitian tersebut yang terwujud dalam jurnal Molecules.

3. Madu

Madu sebagai cairan manis yang berasal dari lebah dan bersumber dari nektar bunga, juga menjadi obat alami penghilang luka bekas jerawat. Madu juga diketahui mengandung zat anti-bakteri dan sudah digunakan lebih dari 5.000 tahun.

Ilustrasi maduFoto: istock
Ilustrasi madu

Para pakar pengobatan alternatif macam Ayurveda juga sudah mengombinasikan madu dengan beberapa bahan alami lain untuk mengatasi berbagai penyakit. Mulai dari stres hingga tekanan darah tinggi. Madu pun digunakan sebagai salah satu bahan alami dalam kosmetik modern.

4. Jus lemon

Lemon kaya akan vitamin C dan anti-oksidan. Vitamin inilah yang dibutuhkan untuk memproduksi kolagen di kulit.


Namun, karena rasanya yang kecut, disarankan untuk mengonsumsi lemon bersama teh atau salad. Konsumsi lemon secara rutin juga berguna untuk menurunkan risiko stroke, menjaga tekanan darah, mencegah kanker, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

[Gambas:Video Haibunda]

(ziz/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi