mom-life

Makan Enam Kali Sehari Bisa Turunkan Berat Badan?

Yuni Ayu Amida Minggu, 28 Apr 2019 09:01 WIB
Makan Enam Kali Sehari Bisa Turunkan Berat Badan?
Jakarta - Setiap orang pastinya mendambakan berat badan ideal. Salah satu caranya dengan makan lebih dari tiga kali sehari. Benarkah? Bunda simak ya penjelasan ahli ini.

Profesor Gizi Boston University, Joan Salge Blake, menyarankan untuk makan lebih dari tiga kali sehari, tapi dengan porsi sedikit. Blake menjelaskan, orang yang makan lebih dari tiga kali sehari cenderung mengalami penurunan berat badan.


Cara ini, kata Blake, lebih efektif jika total makanan yang kita konsumsi sesuai dengan kebutuhan kalori harian. Dan sebaiknya, tiap porsi mengandung 300 - 400 kalori saja.

"Makanlah ketika kita sedikit lapar dan berhenti ketika merasa sedikit kenyang," ujar Blake, dikutip dari detikcom.


Senada dengan Blake, konsultan gizi dan ahli diet klinis, Pooja Makhija, bahkan menyarankan makan enam kali sehari. Karena menurutnya, makan dengan interval yang lebih pendek dengan porsi kecil dapat mencegah makan berlebihan dan membantu mempertahankan porsi makan.

Diungkapkan Makhija, jika sedang diet namun Bunda cepat lapar, maka dapat menerapkan makan utama tiga kali yaitu pagi, siang, dan malam. Selebihnya, konsumsi camilan sehat seperti buah segar atau salad sayuran.

Makhija pun menegaskan, makan enam kali sehari lebih baik daripada tiga kali karena dapat meningkatkan metabolisme, mengontrol kadar gula darah, dan membantu mengatur berat badan. Meski enam kali, mesti diingat porsinya tidak banyak ya, Bun.

Sementara itu, spesialis kardiologi dr.Mehmet Oz, MD, juga mengungkapkan, cara terbaik mempertahankan energi dan meningkatkan metabolisme tubuh adalah makan lima kali sehari, atau setiap tiga sampai empat jam.

"Makanlah tiga kali makanan berat, dan dua camilan kecil. Makanan ringan harus memiliki sedikit serat dan sedikit protein untuk membuat kenyang lebih lama," kata Mehmet, seperti dilansir Share Care.


Meski demikian, sebenarnya baik makan tiga kali maupun enam kali, yang dilihat itu adalah jumlah kalori masuknya. Jadi, walaupun makan enam kali tapi dengan porsi besar, berat badan tetap akan naik. Apalagi, jika tidak diimbangi olahraga untuk membakar kalori.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi