moms-life

Keseruan Jokowi dan Iriana Belanja Persiapan Ramadhan

Muhayati Faridatun Minggu, 05 May 2019 17:32 WIB
Keseruan Jokowi dan Iriana Belanja Persiapan Ramadhan
Jakarta - Berbagai persiapan pasti sudah Bunda lakukan ya dalam menyambut datangnya Ramadhan. Seperti halnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sang istri, Iriana.

Melansir dari detikcom, Jokowi dan Iriana mengunjungi Mal Botani Square, Bogor, sekaligus berbelanja. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, membeberkan apa saja yang dibeli Jokowi dan Ibu Negara.

"Ibu Negara membeli baju koko dan baju muslimah. Presiden Jokowi juga membeli beberapa baju kaus," ucap Bey, Minggu (5/5/2019).



Tidak cuma itu, kata Bey, Iriana juga membeli beberapa barang pecah belah. "Ibu Iriana juga membeli sweater, blouse dan tunik. Tadi juga membeli stoples, gelas dan mangkuk kaca," ungkapnya.

Wah, Bu Iriana antusias sekali ya mempersiapkan Ramadhan kali ini. Bahkan sudah membeli stoples, yang biasanya diserbu para bunda menjelang Hari Raya Lebaran nanti.

Keseruan Jokowi dan Iriana Belanja Persiapan RamadhanJokowi dan Iriana belanja persiapan Ramadhan 2019/ Foto: Istimewa
Terkait kebutuhan dan pengeluaran selama Ramadhan hingga lebaran nanti, Bunda harus cermat ya mengaturnya. Jangan sampai karena ingin beli ini dan itu malah jadi pemborosan.

Menurut financial management consultant Ligwina Hananto, ada perubahan perilaku saat Ramadhan yang menyebabkan pola pengeluaran juga berubah. Ada tiga jenis pengeluaran yang berubah sepanjang Ramadhan, yaitu pengeluaran rutin, lifestyle, dan sosial.

"Pengeluaran rutin adalah pengeluaran kebutuhan sehari-hari. Saat Ramadhan, pengeluaran di rumah jadi lebih tinggi karena kita ingin memberikan yang terbaik untuk keluarga," papar konsultan yang akrab disapa Wina ini.

Biasanya, kata Wina, pengeluaran rutin termasuk belanja hidangan sahur dan berbuka puasa untuk keluarga. Sedangkan pengeluaran lifestyle contohnya berbuka puasa di luar rumah bareng teman-teman.

"Buka bareng ini kita sebut dengan badai buka. Kalau biasanya pulang kerja kita ke rumah, sekarang justru terus-terusan ikut buka bersama di luar rumah," tuturnya.


Terakhir, pengeluaran sosial yang mejadi ladang pahala seperti beramal atau sedekah. "Bagi muslim, pengeluaran sosial ini dirasa penting karena momennya pas. Tapi tetap harus lebih teliti dalam mengatur pengeluarannya," tegas Wina.

Bunda, simak juga yuk keseruan Jokowi dan Iriana saat berbelanja di mal, sambil meladeni serbuan pengunjung yang ingin foto bareng. Di video berikut ini ya:

[Gambas:Video 20detik]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi