Sign Up search


moms-life

Persiapan Sambut Ramadhan Ala Keluarga Indah Kalalo

Yuni Ayu Amida Minggu, 05 May 2019 13:05 WIB
Persiapan Sambut Ramadhan Ala Keluarga Indah Kalalo caption
Jakarta - Artis Indah Kalalo dan keluarga antusias menyambut datangnya Ramadhan. Meski menetap di Bali yang mayoritas non muslim, Indah tetap akan jalankan puasa walau akan dirasa sulit.

"Aku di Bali, justru lebih susah sih ya, karena kan semua orang enggak puasa rata-rata. Jadi, aku paling puasa di rumah sama si mbak aja di rumah. Anak-anakku juga masih pada kecil baru 3 - 4 tahun," ujar Indah Kalalo, dikutip dari InsertLive.


Wanita 38 tahun ini bercerita, dia sudah mengenalkan puasa pada anak-anaknya. Tak hanya itu, ibadah salat pun sudah diajarkan karena dari kecil, anak-anaknya selalu ikut saat dia salat Ied.


Indah mengaku sedang belajar menjadi muslim yang baik bersama sang suami, Justin Werner, yang sudah menjadi mualaf. Meski demikian, dia juga tidak terlalu memaksa sang suami untuk segera menguasai ajaran Islam karena menurutnya, semua butuh proses.

"Sebenarnya, puasa itu kan gampang yang susah itu menjalankan salat. Tapi, suamiku itu orangnya santai, jadi dia lebih ke terserah mau puasa atau enggak. Aku juga enggak paksa dia, aku lagi beresin diri aku dulu baru aku ajari suami aku juga. Intinya, aku beresin diri sendiri dulu baru aku urus orang lain," tegasnya.

Persiapan Sambut Ramadhan Ala Keluarga Indah KalaloIndah Kalalo dan suami/ Foto: Instagram/indahkalalo
Wanita kelahiran Jakarta ini pun menuturkan, tidak akan memaksa soal pilihan agama yang akan dipilih anaknya nanti. Hal ini karena berkaca pada masa lalunya, jadi lebih membebaskan pilihan anaknya.

"Aku ingatkan ke anak itu hal-hal basic kayak, kamu harus punya hati yang baik, jangan nakal. Ya, pokoknya yang basic-basic aja. Aku juga nggak akan memaksa anak untuk pilih agama mereka, biar anak-anak aja yang pilih tentang agama mereka," jelas pemain film Posesif ini.

"Karena dulu kan aku pas kecil juga disuruh ke gereja juga, ke masjid juga, ikut kebaktian juga suruh salat juga, bingung dan pusing. Makanya, aku biarkan aja nanti anak aku mau pilih apapun agamanya," tutup Indah.

Ketika anak masih kecil, memang sebaiknya sudah dikenalkan dengan ibadah puasa ya, Bun. Dikatakan psikolog Vera Itabiliana, salah satu cara mengajari anak berpuasa adalah dengan membiasakannya. Nah, untuk permulaan, Bunda bisa memberitahu secara umum tentang apa itu puasa, tujuannya, manfaatnya, dan kenapa orang melakukannya.

"Misal saat sahur, anak ikut, berbuka ikut, ibadah tarawih juga, jadi dia akan terbiasa karena mencontoh dari orang tuanya," kata Vera, baru-baru ini.


Menurut Vera, tidak ada cara khusus untuk mengajari anak berpuasa. Yang terpenting, libatkan anak dalam setiap aktivitas ibadah di bulan Ramadhan, serta jangan dilakukan dengan paksaan ya, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi