moms-life

Bunda, Simak Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 15 May 2019 19:00 WIB
Bunda, Simak Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh
Jakarta - Tak hanya menahan lapar dan haus, puasa juga bisa membuat tubuh lebih sehat. Sambil beribadah, Bunda bisa memanfaatkan momentum puasa Ramadhan untuk mulai membiasakan gaya hidup lebih sehat.

Kuncinya, mengatur pola makan dengan benar ya, Bun. Tidak hanya menambah pahala dan ibadah sesuai syariat, Bunda juga bisa merasakan manfaatnya untuk tubuh. Melansir Arab News, disarankan untuk tetap menjaga menu makanan saat berbuka. Hindari kalap dengan memakan semua hidangan yang disajikan pada saat berbuka dan sahur.


Perlu Bunda tahu nih, menahan diri dari makan dan minum, secara medis sebenarnya sangatlah menyehatkan. Sebab, para ahli menemukan bahwa membatasi asupan makanan di siang hari dapat membantu mencegah masalah kesehatan seperti kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan obesitas.


Dengan tidak mengonsumi makanan apa pun, tubuh dapat berkonsentrasi untuk membuang racun karena waktu istirahat pada sistem pencernaan yang diberikan, Bun.

Bunda, Simak Manfaat Puasa untuk Kesehatan TubuhManfaat puasa untuk kesehatan/ Foto: iStock

"Puasa memungkinkan usus untuk membersihkan dan memperkuat lapisannya. Hal ini juga dapat merangsang proses yang disebut autophagy dimana sel membersihkan sendiri dan menghilangkan partikel yang rusak dan berbahaya,"kata Claire Mahy, seorang ahli gizi, dikutip dari Medium.

Fakta tersebut menunjukkan bahwa puasa Ramadhan berdampak besar pada tubuh dan kesehatan. Tidak hanya kelebihan berat badan yang terpangkas, tetapi faktanya puasa sangat berguna bagi kesehatan tubuh lainnya.

Jangan ditunda, yuk mulai biasakan hidup sehat selama puasa Ramdhan!

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi