parenting

Pengalaman Ussy Sulistiawaty Ajari Anak Puasa Sejak Kecil

Annisa Karnesyia Rabu, 15 May 2019 11:02 WIB
Pengalaman Ussy Sulistiawaty Ajari Anak Puasa Sejak Kecil
Jakarta - Bulan Ramadhan dimanfaatkan Ussy Sulistiawaty untuk mengajari anak-anaknya tentang ibadah, terutama puasa. Kini, anak-anak Ussy sudah mulai puasa sehari penuh lho.

Dilansir InsertLive, Ussy sudah mulai melatih anak-anaknya berpuasa sejak kecil. Dia dan sang suami, Andhika Pratama, tidak pernah memberikan iming-iming apapun pada anak-anaknya untuk berpuasa karena mereka sudah tahu puasa adalah kewajiban dan ibadah.


Putri pertama Ussy, Amel, yang kini sudah beranjak dewasa, mulai diajari berpuasa sejak di bangku Sekolah Dasar. Sebagai ibu, Ussy tidak memaksa anaknya berpuasa dan mengajarkannya secara perlahan.


"(Dulu) Memang enggak penuh, masih setengah hari," kata Ussy.

Bulan Ramadhan juga dimanfaatkan wanita 37 tahun ini untuk berkumpul bersama keluarga, Bun. Meski sang suami sibuk bekerja saat sahur, Ussy selalu menyiapkan waktu bagi keluarganya untuk berkumpul.

Biasanya, Ussy memilih waktu berbuka puasa untuk mengajak keempat anaknya makan di luar rumah. Baginya, berkumpul bersama anak-anaknya di bulan Ramadhan adalah suatu keharusan.

Keluarga Ussy SulistiawatyKeluarga Ussy Sulistiawaty/ Foto: Instagram

Bulan Ramadhan memang waktu yang pas untuk berkumpul bersama anak dan mengajarinya tentang beribadah, terutama berpuasa. Bila anak dilatih puasa sejak kecil, karakter disiplin anak akan terbentuk, Bun.

Melansir dari Gulf News, meskipun pada awal pengenalan puasa belum bisa menjalankan penuh sampai magrib, anak harus tetap latihan secara bertahap sesuai dengan usianya. Seperti kita tahu, latihan terus-menerus akan membentuk kedisiplinan.

Disiplin merupakan pengajaran yang menyangkut bagaimana menjadikan anak-anak jadi lebih baik lagi, termasuk dalam menjalankan puasa. Mulai dari jadwal sahur teratur, membiasakan salat tepat waktu, hingga makan bersama saat berbuka puasa.


Tapi ingat, Bun, mengajarkan anak puasa harus mempertimbangkan kondisi mereka ya. Pastikan asupan anak tercukupi saat puasa, karena anak-anak masih dalam usia pertumbuhan.

"Sebaiknya puasa diperkenalkan bertahap karena anak masih belum siap untuk puasa penuh. Di samping itu, pada usia pertumbuhan, si kecil melewati berbagai tahap pertumbuhan dan perkembangan. Jika asupannya berkurang pada masa ini, mungkin saja pertumbuhan dan perkembangannya dapat terganggu," ujar Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr.Muliaman Mansyur.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi