moms-life

Pola Makan untuk Hilangkan Lemak di Paha, Bokong, dan Perut

Radian Nyi Sukmasari Senin, 20 May 2019 18:59 WIB
Pola Makan untuk Hilangkan Lemak di Paha, Bokong, dan Perut
Jakarta - Duh, kesal banget ya, Bun, jika melihat banyak tumpukan lemak di tubuh ini. Terlebih di bagian paha, perut, dan bokong. Nah, ada enggak sih aturan pola makan untuk bantu hilangkan lemak di paha, bokong, dan perut?

Menurut dr.Arti Indira, Sp.GK, M.Gizi, untuk menurunkan berat badan, 80 persen keberhasilan ditentukan oleh pola makan dan 20 persen sisanya ditentukan oleh olahraga. Tapi, ketika kita mengatur pola makan, enggak bisa ditentukan lemak di bagian tubuh mana yang akan hilang duluan, Bun.

"Apalagi, tiap orang predisposisi lemaknya beda-beda kan," ujar Arti, yang berpraktik di Mayapada Hospital Jakarta Selatan ini, saat berbincang dengan HaiBunda.



Namun, lanjut Arti, kita bisa menentukan otot mana yang hendak dibentuk. Ketika hendak membentuk otot di daerah tersebut, lemak di daerah tersebut juga akan berkurang. Olahraga yang dilakukan juga mesti spesifik ya, Bunda.

Pola Makan untuk Hilangkan Lemak di Paha, Bokong, dan PerutIlustrasi lemak di perut/ Foto: iStock
"Misalnya kardio buat ngilangin massa lemak atau olahraga resisten yang spesifik kita mau membentuk otot di bagian mana. Enggak cuma di perut aja, di tangan, kaki juga dibentuk (ototnya). Kalau makanan enggak ada yang bisa menentukan apa yang bisa menghilangkan lemak ya," tutur Arti.

Dilansir detikcom, personal trainer di Hatch Sport, Etty Budhi mengatakan, untuk memiliki bokong dan kaki yang indah, olahraga yang dilakukan adalah functional training yaitu melatih fungsi otot tubuh.


"Kita bisa membentuk bokong dan paha yang kencang dengan squat dan lunges setiap hari. Kita bisa duduk atau berdiri di depan meja terus lakukan squat 20 kali atau lunges 20 kali. Kalau sudah terbiasa, akan terbentuk. Itu latihan paling simpel," jelas Etty.

Ia menambahkan, lari cepat sejauh beberapa meter dan dilakukan bolak-balik juga bisa membantu menguatkan bokong dan tungkai. Kemudian, melatih otot bokong dan paha dengan one leg, balancing. Misalnya, squat dengan satu kaki atau pelan-pelan mencoba lunges dengan satu kaki.

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi