mom-life

Bunda, Simak Daftar Menu Sahur Agar Tahan Lapar Seharian

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 17 May 2019 03:02 WIB
Bunda, Simak Daftar Menu Sahur Agar Tahan Lapar Seharian
Jakarta - Tak sedikit orang yang melewatkan waktu sahur karena tak kuat menahan kantuk. Padahal, sahur menjadi bagian penting dari berpuasa lho, Bun.

Melansir Muslimaid, sahur memegang peranan penting sebelum memulai puasa. Makanan yang dikonsumsi saat sahur menjagatubuh tetap sehat selama menjalani ibadah Ramadhan.


Sayangnya, banyak orang melewatkan sahur karena berbagai alasan. Sesungguhnya hal ini tidaklah disukai Allah SWT karena mereka yang melewatkan sahur akan merasa sulit menyelesaikan puasanya. Untuk itu, sahur menjadi momen yang tak boleh dilewatkan karena sangat tepat untuk mengisi energi dengan makanan yang cukup.


"Sahur dapat mendukung metabolisme tubuh tetap sehat, mengurangi rasa lapar, meningkatkan kesehatan mental, kesehatan otak yang lebih baik, memberikan asupan energi, mencegah dehidrasi, meningkatkan pencernaan, dan membantu menjaga massa otot tanpa lemak serta mengurangi kelelahan,"kata Hamid Jan Mohamed, seorang ahli gizi, seperti dikutip dari laman Malaymail.

Bunda, Simak Daftar Menu Sahur Agar Tahan Lapar SeharianMenu sahur yang bikin cepat lapar/ Foto: Istimewa

Sedangkan untuk menu sahur, Hamid menyarankan untuk menghindari makanan tinggi glukosa seperti nasi putih. Ganti dengan makanan yang kaya serat dan rendah karbohidrat selama sahur untuk menghindari rasa lapar.

"Orang-orang biasanya cenderung makan banyak makanan bergula dimana memiliki rasa kenyang yang singkat tetapi lebih sering mengalami kelaparan sepanjang hari,"katanya.


Alih-alih mengambil nasi putih, Bunda dapat menggantinya dengan pilihan beras merah untuk membantu Bunda tetap kenyang lebih lama dan makan buah-buahan serta sayuran. Masukkan pula makanan berprotein untuk membantu Bunda tetap kenyang dan mencegah kehilangan otot selama berpuasa.

Nah, jangan melewatkan sahur lagi ya, Bun! (rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi