kehamilan

Makanan yang Harus Dihindari Saat Ibu Hamil Sahur & Berbuka Puasa

Muhayati Faridatun Rabu, 15 May 2019 03:00 WIB
Makanan yang Harus Dihindari Saat Ibu Hamil Sahur & Berbuka Puasa
Jakarta - Puasa Ramadhan saat hamil? Enggak ada larangan kok, asalkan Bunda mampu mencukupi kebutuhan gizi selama kehamilan. Perhatikan juga ya kondisi janin.

Nutrisionis Youvit Rachel Olsen mengatakan, saat hamil, Bunda harus mengonsumsi 350 kalori lebih banyak dari apa yang dikonsumsi saat tidak hamil. Jadi selama berpuasa, Bunda harus memastikan kebutuhan tersebut terpenuhi.

"Saat tidak hamil harus mengonsumsi 2000 kalori, maka saat hamil harus 2350 kalori. Jadi kalau lagi puasa, hampir tidak mungkin mencapai segitu. Mungkin sekali makan hanya 400 kalori," papar Rachel kepada HaiBunda, baru-baru ini.



Perlu Bunda ketahui, kata Rachel, semua nutrisi yang dibutuhkan janin didapat dari sang ibu. Misal kalau kekurangan vitamin dan mineral, janin akan mengambil dari tulang ibunya.

Begitu juga dengan kebutuhan kalsium janin agar tulangnya tumbuh optimal. Tentunya, janin akan mengambil kalsium dari sang ibu, sehingga ibu berisiko mengalami osteoporosis.

Makanan yang Harus Dihindari Saat Ibu Hamil Sahur & Berbuka PuasaIlustrasi ibu hamil/ Foto: iStock
Jadi, kalau Bunda ingin berpuasa saat hamil, Rachel menyarankan agar mencukupi kebutuhan nutrisi. Sehingga, kebutuhan nutrisi janin dalam kandungan Bunda juga terpenuhi.

"Lebih baik makan makanan yang porsinya harus ada protein, karbohidrat, sayuran, dan buah," ujarnya.

Rachel pun mengingatkan, sebaiknya Bunda menghindari beberapa jenis makanan saat sahur maupun berbuka, demi menjaga kecukupan gizi selama kehamilan.

"Hindari makanan seperti nasi goreng, mi, atau pempek, karena belum komplet (gizinya). Perlu diperhatikan juga, protein lebih baik ayam dan ikan daripada daging merah, kambing, atau bebek," tuturnya.

"Karbohidrat pilih yang banyak serat misal singkong, nasi merah, ini lebih baik daripada nasi putih, atau tepung-tepungan seperti roti, mi, pasta, baiknya dikurangi."


Lebih lanjut, Rachel menegaskan, sebaiknya ibu hamil juga memilih cara pengolahan makanan dengan dikukus. Terbukti, makanan yang dikukus lebih menyehatkan dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung.


Bunda, simak juga ya penjelasan dokter tentang larangan makan sushi bagi ibu hamil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi