mom-life

Ikan Bakar dan Sambal Matah, Menu Khas Ria Enes di Bulan Ramadhan

Maya Sofia Kamis, 16 May 2019 14:07 WIB
Ikan Bakar dan Sambal Matah, Menu Khas Ria Enes di Bulan Ramadhan
Jakarta - Berbicara soal boneka Suzan tak lepas dari sosok di belakangnya yakni Ria Enes, atau akrab disapa Kak Ria. Di era 1990-an, Ria dan boneka Suzan sangat populer di kalangan anak-anak lewat lagu Si Kodok dan Suzan Punya Cita-Cita.

Kini, dua dekade berlalu, Ria Enes ternyata sudah menjadi seorang ibu rumah tangga. Pada 1997, Ria menikah dengan seorang pengusaha bernama Rey Irarto Wisnu Takari.


Dari pernikahan tersebut, Ria dan Rey dikaruniai tiga buah hati, yakni Atala Rania Insyra, Ataya Raisa Insyra, dan Atasya Radho Insyra. Memiliki tiga orang anak yang sudah beranjak remaja serta disibukkan dengan sejumlah pekerjaan, Ria masih menyempatkan diri masak untuk keluarga di bulan Ramadhan kali ini.


Untuk menu berbuka, biasanya perempuan berusia 50 tahun itu memasak makanan berkuah. Kalaupun memasak ikan, Ria memilih membakarnya ketimbang menggoreng.

"Kita berusaha menghindari gorengan. Ikan patin saya bakar. Saya kasih irisan apa San?" tanya Ria kepada boneka Suzan yang berada di sampingnya. "Bawang merah, cabai," tutur boneka Suzan yang menggunakan suara asli Ria.

Begitulah cara unik Ria menjawab pertanyaan Intimate Interview HaiBunda baru-baru ini, Bunda. Beberapa kali, Ria melibatkan dialog dengan boneka Suzan, namun menggunakan suaranya. Gemas ya.

Balik lagi soal menu sahur dan berbuka keluarganya, Ria menjelaskan bahwa tak semuanya menyukai ikan. Dua dari tiga anaknya, justru lebih menyukai menu ayam.

Selain itu, Ria juga membuat sendiri sambal matah yang merupakan favorit keluarganya lho. Biasanya perempuan asal Malang ini akan membuat sambal matah yang tidak terlalu pedas.

"Yang pasti kita bikin minyaknya kualitas terjaga," ucapnya.


Meski demikian, Ria tak memaksakan diri memasak jika memang tak punya waktu. Apalagi jika ia sedang ada kegiatan di luar kota. Kalau sudah begini, kata dia, solusinya adalah membeli makanan.

"Saya punya langganan juga, tinggal telepon kirim ke rumah," kata perempuan yang mengaku tak pintar memasak ini.

Bunda bisa melihat video wawancara dengan Ria Enes selengkapnya di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(som/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi