mom-life

4 Tips Membuat Bayi Tetap Tenang di Pesawat ala Fanny Fabriana

Ratih Wulan Pinandu Rabu, 12 Jun 2019 08:00 WIB
4 Tips Membuat Bayi Tetap Tenang di Pesawat ala Fanny Fabriana Tips bawa bayi naik pesawat ala Fanny Fabriana/ Foto: Instagram @fannyfabriana
Jakarta - Kekesalan Angela Gilsha mendengar tangis bayi di pesawat belum selesai dibicarakan. Berbagai tanggapan turut disuarakan para artis yang pernah berpengalaman membawa bayi naik pesawat.

Setelah Ringgo Agus Rahman dan Babe Cabita, kini giliran artis cantik Fanny Fabriana yang membahas hal serupa. Bedanya, Fanny juga berbagi tips agar anak-anak tetap tenang selama penerbangan.

Melalui Instagram miliknya, Bunda tiga anak ini bercerita kalau dia sudah terbiasa mengajak anak-anaknya bepergian dengan pesawat. Bahkan, si bungsu Dylan sudah diajak naik pesawat sejak usia tiga bulan.


Disebutkan oleh istri Zacky Badruddin jika Dylan tetap tenang selama 1,5 jam menuju Singapura. Lalu lanjut 15 jam penerbangan ke San Francisco. Fanny dan suami mengaku cukup tenang karena sudah berpengalaman membawa dua anak sebelumnya nih, Bun.

Kuncinya, Fanny menekankan agar orang tua harus percaya diri dan enggak boleh panik agar energi positif mengalir ke bayinya. Selain itu, Fanny juga mengatakan akan menyusui anaknya saat dalam posisi landing dan take off.

Meskipun enggak dipungkiri Fanny kalau anak-anaknya pun pernah menangis saat dalam pesawat. Namun, hal itu menurutnya masih wajar karena mereka enggak nyaman dengan diaper yang sudah penuh. Atau, posisi menggendong yang enggak nyaman sehingga mereka ingin mengubah posisinya.

Bayi menangis di pesawat memang hal yang wajar ya, Bun. Menurut Mollie Grow, MD, seorang dokter anak di Rumah Sakit Anak Seattle, anak bisa saja menangis karena merasa ketakutan di lingkungan yang asing dan dipenuhi orang-orang yang tidak dikenalnya.

[Gambas:Instagram]

"Tetapi di luar ketakutan, anak-anak memiliki kesulitan untuk melakukan stimulasi seperti mendengar bunyi bip dan pengumuman," terangnya dilansir Cntraveler.

Selain itu, tangis bayi bisa disebabkan karena mereka menetralisir telinga terhadap tekanan udara yang terjadi saat lepas landas dan mendarat. Apalagi bayi yang sedang mengalami pilek dan ingusan, hal itu akan menambah rasa ketidaknyamanan mereka di atas pesawat.

Nah, agar si kecil tetap tenang dan Bunda juga enggak panik selama di pesawat, Fanny membagikan beberapa tips yang perlu dipersiapkan sebelum travelling dengan pesawat.

1. Siapkan satu tas kecil, lebih bagus yang ada zipper-nya untuk dibawa ke toilet.

2. Isi dengan diapers, cologne, facial cream, minyak telon, tisu basah, semprotan air, handuk dan baju ganti.

3. Bawa selimut agar bayi enggak kedinginan selama di pesawat yang kadang-kadang suhunya sangat dingin.

4. Earmuff untuk melindungi telinga bayi.

Semoga bermanfaat ya, Bun!

[Gambas:Video 20detik]

(rap/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi