mom-life

Jadi Istri & Ibu Tak Halangi Arumi Bachsin Raih Gelar S1

Annisa Karnesyia Selasa, 25 Jun 2019 11:03 WIB
Jadi Istri & Ibu Tak Halangi Arumi Bachsin Raih Gelar S1
Jakarta - Arumi Bachsin resmi meraih gelar Sarjana. Ibu dua anak ini baru saja lulus dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung dengan gelar Sarjana Ekonomi Syariah.

Tidak mudah bagi istri Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak ini untuk meraih gelar strata satunya. Meski senang, Arumi mengakui sedikit malu karena usianya tidak muda lagi untuk meraih gelar ini.




"Perasaanya campur aduk. Sebenarnya senang, tapi antara senang tapi agak malu juga, karena kayaknya di sini aku paling tua deh," kata Arumi, dikutip dari 20detik.

Perjuangan Arumi untuk menyelesaikan kuliahnya cukup panjang. Salah satunya, ketika dia mengambil keputusan untuk menikah dan punya anak.

"Menurut saya setiap proses ijazah itu punya sejarahnya masing-masing, kalau saya sejarahnya agak naik turun karena di tengah masa studi saya yang panjang, saya sempat nikah, kemudian punya anak," ujar wanita 25 tahun ini.

Lebih lanjut, Arumi bahkan enggak terbayang bisa menyelesaikan kuliahnya ini, Bun. Untungnya dukungan keluarga mendorongnya untuk terus berusaha.

"Cuma ternyata ketika diusahain dan tentu juga dengan support full ya dari Mas Emil, anak-anak juga ketika dikasih pengertian mau mengerti, dari orang tua, semua akhirnya bisa terlaksana," papar Arumi.
Jadi Istri & Ibu Tak Halangi Arumi Bachsin Raih Gelar S1Jadi Istri & Ibu Tak Halangi Arumi Bachsin Raih Gelar S1/ Foto: Adhar Muttaqin
Tidak mudah memang harus menempuh kembali pendidikan sambil menjalani peran sebagai ibu dan istri. Tapi, tidak ada salahnya mencoba untuk menggapai mimpi, Bun.

Kata penulis Overwhelmed: Coping with Life's Ups and Downs dan profesor University of Maryland, Nancy Schlossberg, kita harus menanyakan diri sendiri alasan untuk kembali melanjutkan pendidikan.

"Kamu akan menjadi lebih baik jika berpendidikan, dan akan lebih bahagia jika pendidikan itu berguna untuk hidupmu. Pertanyaannya, apa kita sudah siap atau tidak," kata Schlossberg, melansir dari Better Homes and Gardens.

Studi yang dilakukan National Center for Education Statistics melaporkan, di antara tahun 2013 sampai 2024, mahasiswa yang mendaftar universitas kebanyakan berusia 25 tahun. Diprediksi, terjadi peningkatan 14 persen dan di antaranya adalah ibu-ibu. Demikian mengutip College America.

Sebelum memutuskan kuliah lagi, sebaiknya seorang ibu mulai mengatur jadwalnya. Ambisi memang penting, tapi Bunda juga harus bersikap realistik tentang tugas kuliah dan keluarga.
Simak bagaimana Arumi mencurahkan apa yang ia alami saat wisuda di video berikut ini, Bun.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi