moms-life

3 Kebiasaan Bunda yang Bisa Sebabkan Jerawat Miss V

Ratih Wulan Pinandu Sabtu, 13 Jul 2019 14:06 WIB
3 Kebiasaan Bunda yang Bisa Sebabkan Jerawat Miss V
Jakarta - Berjerawat tentu bikin enggak nyaman. Apalagi kalau munculnya di area Miss V, pasti bikin risih dan juga menimbulkan rasa sakit ya, Bun.

Bunda juga pernah mengalami tumbuh jerawat di area Miss V? Wah, ternyata menurut penjelasan dr.Boy Abidin, Sp.OG(K), hal itu bisa terjadi akibat kelenjar keringat yang berlebihan. Berbeda dengan jerawat pada wajah yang biasanya disebabkan oleh kelenjar minyak nih, Bun.

"Jerawat seperti bintil kecil di bagian vagina yang biasa disebut sebagai hidradenitis suppurativa. Ini bedanya, kalau jerawat di wajah karena kelenjar minyak berlebihan. Sedangkan kalau jerawat di vagina ini berkaitan dengan kelenjar keringat. Ini berbentuk jerawat karena berkaitan dengan kelenjar keringat tadi," jelas Boy, dalam tayangan dr.Oz Indonesia Trans TV.


Sedangkan menurut penjelasan dr.Ni Komang Yeni DS, Sp.OG, jerawat vagina bisa disebabkan oleh folikel rambut dan juga kelenjar minyak. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh sebum (minyak) di kulit. Ditambah dengan perubahan hormon yang bisa mendorong kemunculan jerawat di area tersebut.

"Nah, folikel rambut biasanya yang tumbuhnya tidak sesuai dengan jalurnya, jadi bentuknya kayak bisul," terang Yeni, dikutip dari detikcom.

Ditambahkan dr.Reisa Broto Asmoro, ada beberapa kebiasaan yang bisa memicu jerawat vagina. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

3 Kebiasaan Bunda yang Bisa Sebabkan Jerawat Miss V3 penyebab jerawat di area miss v/ Foto: iStock
1. Mencukur bulu Miss V

Pencukuran area intim yang salah bisa menyebabkan ingrown hair, yaitu kondisi yang menyebabkan bulu kemaluan tumbuh ke dalam kulit.

"Kalau kita mencabut atau mencukur vagina bisa menyebabkan ingrown hair, jadi bulu atau rambut malah tumbuh ke dalam kulit. Sehingga menyebabkan bintil atau jerawat vagina.

2. Gaya hidup

Gaya hidup yang tidak sehat, seperti banyak mengonsumsi makanan berminyak, Bun. Menurut Boy, hobi mengonsumsi makanan berminyak dapat menyebabkan kelenjar minyak di area vagina meningkat.

"Penyebab lainnya, sama seperti jerawat lainnya berasal dari gaya hidup. Salah satunya makanan, terutama yang mengandung lemak tinggi. Makan roti pakai mentega, pakai keju, tambah lagi mayones, telur, itu akan menyebabkan meningkatnya produksi kelenjar minyak akan timbul jerawat dan timbul peradangan di sana," jelas Boy.

3. Malas ganti pembalut

Pembalut yang telah dipakai menjadi sumber kuman berbahaya. Sehingga harus sering diganti setiap beberapa jam sekali.

Pembalut yang sudah lama dipakai, dan bercampur dengan keringat bisa menyebabkan bintil-bintil di area Miss V. Disarankan Reisa untuk tidak malas mengganti pembalut setiap empat jam sekali.

"Pembalut berbahaya karena darah yang tersimpan di dalam pembalut bisa terpapar oleh kuman. Kuman bisa tumbuh subur di situ, makanya dia senang tinggal di situ. Setidaknya ganti per empat jam sekali. Penyebabnya bisa dari keringat, kalau banyak berkeringat bisa membuat bakteri-bakteri tumbuh di sana dan bisa menimbulkan jerawat juga," tegas Reisa.

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi